Pelaku UMKM Dapat Modal Usaha

0
667
BANTUAN:Yogi Prasetyo serahkan dana kepada pelaku UMKM. F-istimewa

2017, Bandara RHF Kucurkan Rp 1,63 Miliar

TANJUNGPINANG – Tahun 2017 ini, PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang menganggarkan sekitar Rp1,63 miliar untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk wilayah Pulau Bintan. Bagi masyarakat yang berminat meminjam modal usah, syaratnya cukup mudah. Syaratnya, warga harus punya usaha minimal sudah enam bulan setelah beroperasi. Selain itu mesti mengajukan proposal bantuan, kemudian menunjukkan bukti jaminan dan terakhir siap untuk disurvei ke lokasi usaha.

Seperti Rabu (16/8) kemarin, General Meneger PT Angkasa Pura II Bandara RHF Tanjungpinang Yogi Prasetyo, menyerahkan bantuan uang tunai kepada pelaku UMKM sebesar Rp 214 juta untuk 12 mitra binaan untuk Tanjungpinang dan Bintan. ”Ini merupakan bantuandana pinjaman program kemitraan Angkasa Pura II Tanjungpinang,” ujar Yogi kepada wartawan di kantornya, kemarin.

Menurut Yogi, tahun 2017 ini, AP II Tanjungpinang siap memberikan bantuan Bina Lingkungan untuk lebih kurang 24 mitra binaan. Total itu, kata dia, setelah dihitung-hitung berdasarkan jumlah besaran anggaran yang sudah disiapkan tahun ini yakni sekitar Rp1,63 miliar. ”Ini sudah tahap dua, kami berikan modal untuk mitra pelaku usaha. Tim sedang bekerja mencari mitra lainnya,” tambahnya.

Menurut Yogi, dana bantuan mitra ini diberikan untuk sektor usaha perikanan, jasa misalnya penjahit. Serta sektor perdagangan seperti warung makanan, pedagang kue kering, warung kelontong dan masih banyak lainnya. ”Mereka yang dapat bantuan ini hasil seleksi tim, yang juga turun survei ke rumah calon penerima bantuan,” terangnya.

Lebih jauh, Yogi menyampaikan, penyerahan bantuan dana binaan kemitraan ini sudah berlangsung sejak tahun 2002 sampai 20117 ini. Total anggaran yang sudah di habiskan lebih kurang Rp 7,568 miliar, dengan total peserta yang bermitra sebanyak 510 mitra binaan. ”Bgi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan ini. Syaratnya gambang sekali,” ujarnya. (ais)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here