Pelanggan Keluhkan Kualitas Air PDAM

0
572
SEORANG warga pelanggan PDAM Tirta Kepri Tanjunguban menunjukan air yang baru saja diambil, dan kondisi air PDAMA dengan endapan lumpur di botol yang sudah didiamkan, Kamis (20/6).f-jendaras/tanjungpinang pos

TANJUNGUBAN – Kamis (20/6) pagi, beberapa pelanggan air bersih PDAM Tirta Kepri Tanjunguban mengeluhkan pasokan air ke rumah warga menjadi keruh seperti air tebu. Diduga air sudah tercampur lumpur, sehingga mempengaruhi kualitas air.

Kimin, salah seorang warga mengatakan, kualitas air PDAM keruh saat pagi hari dirinya hendak menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari. Namun saat jatuh ke dalam bak, air bak keruh seperti air tebu.

”Ya keruh sekali, jadi kami tidak berani gunakan untuk mandi maupun mencuci baju, apalagi untuk konsumsi,” katanya saat disambangi Tanjungpinang Pos.

Baca Juga :  Setahun, Pemkab dan Dewan Belanjakan Rp1,327 T

Hingga Kamis siang, lanjutnya, kondisi air masih dalam kondisi keruh namun sudah agak berkurang. Saat didiamkan selama beberapa puluh menit di dalam botol air mineral, tampak ada endapan lumpur dan lumut.

”Saya masukan ke dalam botol plastik, nah ada yang mengendap seperti lumpur. Lantas saya tadi adukan ke PDAM mengenai kondisi ini,” ujar warga Jalan Nipah, Kelurahan Tanjunguban Kota ini.

Sementara itu, Azri, Bagian Teknis PDAM Tirta Kepri Tanjunguban yang dikonfirmasi membenarkan adanya keluhan warga tersebut. Menurutnya ada gangguan di mesin sedot air dari waduk ke dalam kolam pengolahan air.

Baca Juga :  Petani Pun Diajak Awasi Kebakaran Lahan

”Iya kemarin saat memompa air selangnya terlalu ke dalam, sehingga lumpur tersedot dan masuk ke kolam produksi. Kemudian air langsung tersalurkan ke pelanggan, sehingga keruh,” sebutnya.

Namun, lanjutnya, saat ini petugas produksi sudah mengolah dan melakukan pembersihan. Dipastikannya esok hari kualitas air sudah baik kembali.

”Hanya sedikit saja, besok atau mungkin malam ini sudah normal lah. Untuk kualitas air waduk bagus, tidak ada masalah, hanya pengaruh lumpur saja yang tersedot mesin,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here