Pelatihan Gada Pratama, Disnakertrans-Polda Kepri Cetak 30 Satpam

0
2213
SERAHKAN SERTIFIKAT: Kadisnakertrans Kepri Tagor Napitupulu didampingi AKBP Rudi, dan Syuzarlis memberikan selamat kepada Satpam yang lulus pelatihan Gada Pratama. f-yendi/tanjungpinang pos

PINANG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kepri dan Polda Kepri mencetak 30 orang Satuan Pengaman (Satpam) bersertifikat Gada Pratama. Pelatihan di Hotel Bali selama dua minggu ini, bekerja sama dengan dengan PT Syarpindo Jaga Prima.

Kasubdit Satpam Polda Kepri AKBP Rudy menyampaikan, Satpam di Indonesia wajib menjalani pendidikan dan memiliki sertifikat (ijazah), minimal Gada Pratama. Terhitung tahun 2018 nanti, seluruh Satpam di Indonesia sudah harus memiliki sertifikat.

”Sertifikat yang dimiliki Satpam itu, berlaku secara nasional. Namun untuk KTA, mesti diurus, mutasi atau diperpanjang dari Polda, di daerah masing-masing. Hari ini (kemarin,red), 30 orang Satpam yang mengikuti pelatihan, kita nyatakan lulus,” kata AKBP Rudi, di Hotel Bali (Sunrise), Kota Tanjungpinang, Jumat (15/12) kemarin.

30 peserta yang mengikuti pelatihan itu, berasal dari Kota Tanjungpinang, Bintan, Anambas dan kabupaten/kota se-Kepri lainnya. Setiap Satpam yang sudah memiliki ijazah atau lulus pendidikan Gada Pratama, akan diregistrasi secara nasional.

”Sewaktu-waktu, bisa dipanggil oleh perusahaan maupun dari pihak mana pun, untuk bekerja. Kami berpesan, Satpam jangan buat kerusuhan. Tapi, jaga keamanan lingkungan kerja dan di tengah masyarakat,” tegasnya.

Kepala Disnakertrans Kepri Tagor Napitupulu mengatakan, pelatihan Satpam Gada Pratama ini merupakan program yang dijalankan Pemprov Kepri, dan beberapa kabupaten/kota lainnya. Satpam sudah merupakan profesi dan pekerjaan yang mulia. Satpam profesi yang sangat diperlukan oleh perusahaan.

”Bahkan ketika perusahaan tutup dan melakukan PHK kepada karyawannya, Satpam yang paling terakhir habis masa kerjanya. Paling tidak, menjaga aset perusahaan yang sudah ditinggalkan pekerja. Artinya, peluang kerja Satpam itu besar,” jelas Tagor.

Dalam kesempatan itu hadir Direktur PT Syarpindo Jaga Prima Syafaruddin dan Kasubag TU dan Pengelola Pelatihan BLK Kepri Syuzarlis. ”Kami sangat berterima kasih atas program yang dilaksanakan Disnakertrans Kepri bersama Polda Kepri ini,” kata Syafaruddin. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here