Pelayanan Kesehatan Prioritas di Bulan Ramadan

0
304
SEORANG dokter saat akan memeriksa kesehatan anak. F-ISTIMEWA

Pelayanan kesehatan seperti di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di setiap kecamatan Kabupaten Kepulauan Anambas diimbau agar tetap melakukan pelayanan seperti hari biasa.

ANAMBAS – Meskipun, pada bulan Ramadan ada pengurangan jam kerja dari hari biasanya. ”Kalau sifatnya pelayanan, maka tidak ada pengurangan jam kerja seperti di Puskesmas maupun di Rumah Sakit. Karena ini sifatnya penting. Kami juga berharap kepada tenaga medis, untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas serta semangat menjalankan ibadah Ramadan,” ujar Sahtiar, Sekretaris Daerah Anambas, Kamis (17/5).

Ia juga mengatakan, jangan menjalan ibadah puasa menjadi alasan untuk mengurangi pelayanan. Ia mengingatkan, justru saat menjalankan ibadah puasa inilah para pegawai harus meningkatkan kinerjanya sebab nilai pahalanya lebih tinggi.

Namun ia juga menekankan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) agar tetap menjaga kesehatan dengan baik. ”Tidak ada alasan untuk mengurangi pelayanan kepada masyarakat, justru di bulan puasa inilah dapat pahala yang lebih,” ucapnya.

Sahtiar juga menambahakan, pengurangan jam kerja oleh Pemerintah Pusat yang berlaku dalam skala nasional dipergunakan di Anambas. ”Senin hingga Kamis masuk kerja pukul 08:00 dan pulang 15:00 WIB, untuk istrahat hanya 30 menit dari pukul 12:00 hingga 12:30 WIB. Sedangkan Jumat, masuk pukul 08:00 dan pulang 15:30 WIB serta istrahat pukul 11:30 sampai 12:30 WIB,” ujarnya.

Sahtiar juga tidak menampik, terkait cuti kepada ASN tetap diberikan. Namun, ASN dilarang menyambungkan cuti dengan libur nasional. ”Misalnya tanggal 15 Juni kita sudah libur, maka disitu tidak boleh dilanjutkan cuti. Kalau sebelum 15 Juni yang bersangkutan mengajukan cuti, kami juga tidak bisa melarang,” jelas dia. (INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here