Pelayanan PTSP BP Batam Diperpanjang 1,5 Jam

0
702
Pengusaha saat mengurus perizinan di PTSP, Batamcenter. f-istimewa

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, memperpanjang waktu pelayanan di pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di Mal Pelayanan Publik (MPP). Namun perpanjangan pelayanan itu dilakukan untuk PTSP Batam saja. Tambahan waktu diberikan 1,5 jam dari jam kerja biasa. Sehingga jam pulang kerja pegawai BP Batam di PTSP MPP lebih lama dari biasa. Sehingga memaksimalkan pelayanan termaksud dengan sistem OSS.

Deputi Bidang Pelayanan Umum BP, Irjen Pol Batam Bambang Purwanto mengungkapkan, waktu pelayanan diperpanjang, untuk meningkatkan pelayanan. Sistem OSS merupakan hal yang baru diterapkan di Indonesia. ”Jadwal pelayanan sedang disusun tapi akan ada penambahan waktu pelayanan sekitar 1,5 jam,” bebernya.

Dengan demikian, pegawai yang bertugas di PTSP akan pulang kerja menjelang magrib. Namun tidak disebutkan, penambahan jam kerja ini akan diberlakukan sampai kapan. Namun diharapkan, masyarakat dan pengusaha akan mendapatkan pelayanan lebih maksimal. Rencana itu diakui sudah diajukan ke Kepala BP Batam, Lukita. ”Sebelum magrip, jam 18.00 WIB, pulang. Sekarang menunggu persetujuan Kepala BP,” ujar Bambang.

Peningkatan pelayanan juga dilakukan untuk Izin Peralihan Hak (IPH). Pelayanan disediakan selain di Mal Pelayanan Publik, juga dengan mobil keliling. ”Pelayanan IPH, akan kita buat keliling. Kita siapkan dua mobil keliling untuk melayani IPH,” imbuhnya.

Sebelumnya, sudah diluncurkan sistem Online Single Submission (OSS). OSS ini, tidak hanya BP Batam yang terlibat diperijinan. Pemko Batam juga terlibat. Dengan sistem ini, maka investor tidak perlu berhubungan dengan petugas. Bantuan petugas perijinan sifatnya hanya untuk membantu, seperti mengimput dokumen atau mengisi formulir dikomputer, jika investor tidak bisa mengoperasikan komputer.

Menurut Ketua Tim OSS dari Kemenko Perekonomian, Muwasiq Muhammad Noor,dengan sistem OSS ini, status usaha lebih jelas. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here