Pelayanan UPT BPPRD Mengecewakan

0
570

BINTAN – WARGA kecewa dan mengeluhkan, atas pelayanan Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Tanjunguban, Selasa (31/10) lalu. Warga menyatakan, pelayanan UPT BPPRD Tanjunguban tidak maksimal.

Pelayanan yang mengecewakan ini dialami oleh Iin Revolta atau biasa disapa Inra, baru-baru ini. Warga Kecamatan Seri Kuala Lobam yang melakukan jual beli satu unit rumah di wilayah Taman Surya Teluksasah ini, ditolak berkas validasinya oleh petugas di UPT BPPRD Tanjunguban. Alasannya, nilai transaksi jual beli rumah itu tidak memenuhi ketentuan.

Inra mengatakan, dirinya dan pihak notaris pun ditolak untuk melakukan permohonan validasi berkas pajak BPHTB yang diajukan. ”Petugasnya bilang tidak bisa divalidasi, karena harganya cuma Rp 60 juta. Saya disuruh melakukan validasi di kantor BPPRB Bintan, di Kijang. Karena, di Tanjunguban tidak bisa,” jelas Inra menirukan jawaban petugas UPT, Kamis (2/11) kemarin.

Atas kejadian tersebut, Inra merasa kecewa dan terpaksa melakukan validasi berkas BPHTB di Kantor BPPRD Bintan, di Kijang. Berbeda dengan di Kantor UPT BPPRB Tanjunguban, di Kantor BPPRD Bintan di Kijang, justru ia mendapatkan pelayanan yang baik. Permohonan yang diajukan langsung diperiksa dan disetujui keesokan harinya, meski dirinya harus membuat pernyataan sebagai prosedur.

”Ya, kalau diberi petunjuk dan solusi kan saya pasti ikut. Lagian harganya (rumah) memang segitu, tak mungkin saya lebih-lebihkan lagi. Kalau gitu namanya saya memandai,” jelasnya.

Seharusnya, lanjut Inra, keberadaan UPT yang merupakan perpanjangan BPPRD lebih memudahkan dan mempercepat. Namun bila apa-apa harus ke Kijang, maka cukup repot dan jauh.

Sementara, Aswar Kepala UPT BPPRD Tanjunguban saat diwawancarai mengenai keluhan Inra itu, menyatakan, tidak mengetahuinya. ”Saya masih di lapangan, belum tahu masalahnya,” jawabnya melalui pesan singkat.

Saat ditanya mengenai berkas validasi BPHTB yang diajukan warga, ia mengatakan, tidak pernah menolak. ”Saya tak pernah menolak yang di meja saya ya,” jawabnya lagi.(JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here