Pelebaran Jalan Terkendala Pipa Gas

0
456
Tinjau jalan: Wali Kota Batam Rudi SE bersama wali Kota Batam Amsakar Achmat saat meninjau jalan di Nagoya. f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Pelebaran jalan yang di daerah Batam Centre-Sei Panas-Nagoya-Jodohterus berjalan. Namun khusus daerah penuin, pelebaran jalan terkendala pipa gas, milik PGN. Pipa gas itu hanya tertanam, sedalam 80 cm. Sehingga, harus dilakukan pemindahan. Namun untuk pipa ini, Wali Kota Batam, HM Rudi memilih untuk dilakukan pengecoran.

HM Rudi, bersama Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Selasa (18/7) meninjau perkembangan pelebaran jalan di Batam, sesuai dicanangkan. Tim yang didalamnya ada Kadis Bina Marga Batam, Yumasnur dan pejabat Pemko lainnya, bergerak mulai dari Sei Panas, menuju Pelita, Nagoya hingga Penuin.

Saat di Penuin, proses pengerjaan pelebaran jalan juga berjalan. Namun dilaporkan jika pelebaran jalan disatu sisi, mengalami kendala. ”Mereka sudah berjanji akan memindahkan pipanya. Itu pipa gas dari PGN. Kita sudah koordinasi dengan PGN,” ungkap Yumasnur.

Namun hal itu ditanggapi Rudi, dengan meminta dilakukan pengecoran saja diatas pipa gas itu. Dengan kedalaman 80 cm, dinilai jika pengecoran bisa dilakukan dan diatasnya dibuat pelebaran jalan. ”Mereka tidak mau dicor. Mau dipindah. Tapi kalau dipindah, tidak sempat lagi,” kata Rudi kepada wartawan.

Rudi memerintahkan agar Yumasnur langsung hari itu berkoordinasi dengan PGN. Sehingga, langkah selanjutnya bisa segera dijalankan. Rudi menilai, PGN menanam pipa tanpa koordinasi dengan Pemko, sehingga pipa ditanam diatas row jalan dengan kedalaman hanya 80 cm.  ”PGN mau itu. Ini untuk kepentingan Batam. Dulu penanaman, tidak koordinasi ke kita. Pelebaran jalan kita lakukan, sesuai GSP dan dan row jalan,” ujar Rudi.

Kata Rudi, semua lahan milik negara uang masuk areal pedestrian dan row jalan diambil alih. ”Semua kita ambil untuk pedestrian. November akhir atau Desember awal, pelebaran jalan yang dicanangkan tahun ini, sudah selesai. Kalau ada kendala, langsung kita tangani. Makanya kita turun melihat progresnya,” beber Rudi. (MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here