Pelindo Bakal Kelola Pelabuhan Batuampar

0
384
KONTAINER sedang menumpuk di Pelabuhan Batuampar Batam dan siap-siap untuk dikirim. BP Batam akan kerja sama dengan PT Pelindo mengelola pelabuhan ini. f-martunas/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Pengusahan (BP) Batam memilih untuk melakukan kerja sama pengelolaan Pelabuhan Batuampar Batam dengan PT Pelindo. Namun BP Batam saat ini masih menunggu penugasan dari pemerintah pusat untuk kerja sama pengelolaan antara BP dan Pelindo. Alasannya, Batuampar merupakan aset negara dan beda konsep pengelolaan dengan Bandara Hang Nadim.

Kepala BP Batam, Lukita, Rabu (4/4) mengatakan, karena Batuampar merupakan aset negara, maka pengelolaan dilakukan sebagaimana ketentuan kerja sama untuk pemanfaatan aset negara.

Dimana, Pelabuhan Batuampar merupakan pelabuhan kontainer yang selama ini dikelola dan dikembangkan BP Batam. ”Kalau kita bekerjasama dengan Pelindo, ada penugasan dari pemerintah pusat. Penugasan itu menyatakan, bahwa BP dan Pelindo melakukan kerja sama upgrate pemanfaatan Pelabuhan Batuampar,” jelasnya.

Diakuinya, jika ada penugasan dari pemerintah pusat untuk BP dan Pelindo, maka tidak dilakukan lelang pengelolaan. Berbeda dengan Bandara Hang Nadim, yang pengelolaannya nantinya dilakukaninvestor. ”Kalau ada penugasan, tidak lelang. Jadi kita pilih kerja sama,” tegas Lukita.

Disebutkannya, pihaknya ingin segera mendapat penugasan itu. Sehingga bisa cepat dikelola lebih baik bersama Pelindo. ”Dengan Pelindo ingin cepag dibangun dan mengurangi biaya logistik. Tapi ini harus sesuai ketentuan perundangan. Ini agar bisa segera dibangun,” imbuhnya.

Soal Batuampar diakui masuk dalam MoU dengan Gubernur bersama Tanjung Sauh. Namun masuknya pelabuhan Batuampar dalam poin MoU, terkait dengan keberadaan pelabuhan itu tetap didukung dan dijaga, walau Tanjung Sauh dibangun.

”Kemarin yang kita lakukan MoU lebih ke Tanjung Sauh dengan Gubernur. Tapi disitu saya masukkan, itu komplemen dengan Batuampar,” ungkapnya.

Dari BP Batam sendiri, juga menginginkan agar Pelabuhan Batuampar bisa cepat dibangun. Selain itu juga ada kepastian, pengembangan Pelabuhan Batuampar bisa dirampungkan.

Dengan begitu, keberadaannya diharapkan bisa memberikan manfaat untuk pengurangan biaya logistik. Di samping memberikan manfaat bagi ekonomi Batam. ”Sekarang pengembangan belum masuk dilelang,” imbuhnya mengakhiri. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here