Pelindo Bangun Parkir Berlantai 4

0
302
PULUHAN kendaraan parkir di area parkir Pelabuhan Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang, yang kurang memadai. Lokasi ini akan dibangun parkir berlantai 4, untuk ke depannya.

Hari Ini, Bagi-bagi Kartu e-Money

TANJUNGPINANG – SETELAH menyediakan sarana pas masuk pelabuhan elektronik (e-Money), kini PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I cabang Tanjungpinang akan membangun area parkir berlantai 4. Penataan parkir tersebut bisa menampung seribuan kendaraan roda dua dan mobil, untuk masa mendatang.

General Manajer (GM) PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan, pihaknya telah melakukan kontrak, dengan pihak kontraktor untuk membangun kawasan parkir yang memadai. Saat ini, kondisi parkir masih berantakan. Pembangunan area parkir tersebut berada di lahan bekas kantor Pelindo, serta area depan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang. ”Bulan ini, sedang melaksanakan proses kontrak. Insya Allah, pekan depan sudah mulai persiapan pembangunan,” katanya, kemarin.

Wayan menyebutkan, pembangunan area perparkiran itu dilaksanakan secara bertahap. Karena keterbatasan jalur lalu lintas kawasan pelabuhan. Wacana pembangunan gedung parkir empat lantai, juga akan direalisasikan secepatnya. Sehingga penataan kawasan pelabuhan segera diselesaikan. ”Untuk parkir empat lantai, itu tahap ketiga. Waktu pastinya belum tahu. Tapi insya Allah, tahun ini bisa kita groundbreaking dulu,” sebutnya.

Menurutnya, pihaknya telah merancang area perparkiran tersebut dengan kapasitas yang cukup besar. Untuk kendaraan roda dua dan empat mampu ditampung hingga seribuan unit, di area perparkiran tersebut.

”Kalau untuk mobil itu bisa 800 unit dan ribuan sepeda motor. Untuk parkir tingkat, kita melakukan perluasan parkir, kita bikin landscape. Pokoknya, kita bikin pelabuhan ini jadi indah lah. Nanti, saat pembangunan, kendaraan tidak boleh lagi parkir inap, mereka hanya bisa drop saja,” ujarnya.

Selain membangun lahan parkir, saat ini Pelindo juga tengah fokus melakukan perubahan, dengan memberlakukan sistem pembayaran di kawasan pelabuhan secara non tunai atau e-Money. Sebelumnya, pihaknya telah meluncurkan program bayar pas masuk pelabuhan secara non tunai atau e-pass.

”Rabu (4/7) hari ini, kita bersama 10 bank nasional dan daerah akan melakukan promo, akan dibagikan secara gratis. Jadi, masyarakat tidak dikenakan ongkos cetak (kartu e-Money),” pungkasnya, kemarin. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here