Pelindo Harus Tekan Biaya Logistik Batuampar

0
514
AKTIVITAS bongkar muat sibuk di Pelabuhan Batuampar Batam, baru-baru ini.f-net

BATAM – PT Pelindo I sudah ikut mengelola Pelabuhan Batuampar. Pelindo pun diminta segera menambah fasilitas di pelabuhan itu, sehingga bisa menekan biaya logistik.

Dengan bisa menekan biaya logistik, maka akan meningkatkan daya saing Batam. Sehingga dapat menarik kembali para investor dan pelaku usaha ke Batam.

Pelindo diminta meningkatkan pengadaan fasilitas lapangan penumpukan peti kemas (storrage), Connect Crane dan Automated RTG (ARTG).

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, mengharapkan, tiga sampai empat bulan ini Pelindo fasilitas di pelabuhan sudah masuk.

Baca Juga :  Kapal Oceana 6 Kandas di Perairan Ngenang

Fasilitas-fasilitas dimaksud yang diadakan Pelindo I untuk mendukung perbaikan kinerja di pelabuhan. Demikian disampaikan Lukita saat ditanya harapan atas tindaklanjut MoU BP Batam-Pelindo yang sudah ditandatangani sebelumnya. ”Apa yang disampaikan dalam MoU itu, kita berharap tiga sampai empat bulan ke depan, sudah mulai masuk fasilitas-fasiltias yang akan dimobilisasi oleh Pelindo I,” harapnya.

Fasilitas dimaksud untuk mendukung modernisasi alat di pelabuhan. ”Selain itu, harapan merek, pengelolaan kawasan pergudangan di Batuampar segera. Yang cukup besar adalah pengembangan Dermaga Utara,” jelas Lukita.

Baca Juga :  Di Pusat, Jembatan Babin Sudah Oke

Menurutnya, pembiayaan akan dibentuk dalam bentuk perjanjian konsesi. Dimana, anggaran sebagian besar dari Pelindo. ”Ada perjanjian konsesi sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Juga akan ada bagi hasil dari jasa yang dijual,” katanya.

Disebutkannya, Pelindo sekarang sedang menyiapkan rencana lebih lanjut mengenai pembiayaan peningkatan Batuampar.

Mereka juga akan bersama-sama ke kantor Menko Perkonomian, khususnya bidang pembangunan sarana, untuk mendapatkan dukungan agar kerja sama ini bisa segera ditindaklanjuti dalam bentuk operasional.

”Jadi dukungan dalam bentuk kajian, karena di sana lembaga kajian KKPIP. Termasuk juga dukungan lain,” harap dia.

Baca Juga :  Putar Musik, Harus Bayar Royalti

Sebelumnya, BP dan Pelindo I sudah menyepakati kerja sama pengelolaan Pelabuhan Batuampar. Dengan demikian, nantinya pengelolaan dan pengoperasian peti kemas di Batuampar akan dilakukan bersama Pelindo. Harapannya, dengan MoU akan mempercepat pengembangan Pelabuhan Batuampar. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here