Peluang Bacaleg Incumbent Lebih Besar

0
650
Endri Sanopaka

Pengamat politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka mengatakan, bakal calon anggota legislatif (bacaleg) incumbent masih berpeluang untuk dapat kembali duduk di DPRD Kota Tanjungpinang. Dengan catatan, sepanjang mereka selama periode sebelumnya dapat merawat dan menjaga konstituennya.

TANJUNGPINANG – Apalagi sistem suara terbanyak tetap berlaku di pileg tahun 2019. Meskipun suara partai harus dikejar dulu agar dapat diperoleh kursi di DPRD. ”Saya rasa masih punya peluang mereka yang sekarang masih duduk di DPRD untuk duduk kembali ke DPRD asalkan mereka berbuat untuk masyarakat selama ini, meskipun konstituennya tidak di dapil yang sama. Dan bacaleg incumbent juga sudah punya pengalaman dalam mendapatkan suara pemilih,” ucap Endri, Rabu (15/8).

Kalau dipersentasekan, lanjut dia, peluang terpilih bacaleg incumbent di atas lima puluh persen. Karena bacaleg incumbent sudah memilik modal sosial dan modal popularitas. Hanya saja, pemilu kali ini tidak sebebas pemilu sebelumnya. Misalnya pemasangan alat peraga kampanye (APK) para bacaleg. Kemudian, bacaleg incumbent juga sudah punya pengalaman dalam mendapatkan suara pemilih.

Baca Juga :  Jabatan KPU Berakhir Sehari Sebelum Pilkada

Faktor lain yang menambah keyakinan anggota DPRD saat ini bisa terpilih kembali misalnya, mereka terus merawat pemilihnya karena didukung dengan dana aspirasi. Sehingga lebih bisa berbuat dalam hal memenuhi aspirasi masyarakat yang berada di pemukiman. Misalnya untuk pembangunan fasum di perumahan, anggota Dewan bisa mengusulkan kepada pemerintah untuk melaksanakan melalui dana aspirasi yang mereka anggarkan sendiri.

Berbeda dengan bacaleg yang belum pernah duduk di DPRD Kota Tanjungpinang. Bacaleg tersebut akan memerlukan biaya yang lebih dalam berkampanye untuk jangka waktu sampai tujuh bulan menjelang hari tenang. Selama tujuh bulan itu, caleg akan mengeluarkan banyak dana terutama untuk sosialisasi ke tengah masyarakat karena mereka harus mengenalkan diri. Meskipun, kekuatan financial bukan semata-mata alat untuk bisa memenangkan kompetisi nanti di 17 April 2019 nanti. ”Kerja keras dan kerja cerdas tentunya sangat menentukan apakah bacaleg tersebut dapat merebut simpati rakyat,” terang dia.

Baca Juga :  Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Hak Pilih

Karena menurutnya, seorang bacaleg bukan seperti calon kepala daerah yang menjual visi dan misi. Tapi mereka menawarkan platform politik dari Parpol yang menjadi kendaraannya maju di pileg 2019. Jadi, bacaleg tidak bisa lepas dari program partai. Apalagi pemilu 2019 satu paket dengan pileg dan pilpres. ”Maka, setiap bacaleg punya kewajiban menjual kandidat capres yang diusung oleh partainya,” sebut dia.

Rini Pratiwi, salah satu bacaleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapil Tanjungpinag Timur tetap yakin bisa bersaing dengan bacaleg inkumben yang sudah lama menanamkan pengaruh di tengah tengah masyarakat. ”Dengan sistem sekarang, maka masyarakat banyak pilihan dalam menentukan pilihan siapa yang tepat mewakili wilayah Tanjungpinag Timur. Tentu pilihan kepada caleg yang mumpuni dan memiliki kemampuan yang memadai sebagai wakil rakyat,” kata dia.

Baca Juga :  Pekan Depan, Syahrul Deklarasi Pilwako

Pemilih tinggal melihat apa yang sudah dilakukan anggota DPRD Tanjungpinang saat ini ketika mereka diberikan amanah lima tahun lalu menjadi wakil rakyat. Adakah mereka sudah berjuang maksimal. Jika belum maksimal, maka potensi calon wakil rakyat yang baru dapat mempengaruhi masyakat guna mengganti dengan wakil rakyat yang baru,” ujar wanita yang menyandang Magister Manajemen Pendidikan ini.

Sebagai pendatang baru di dunia poliik, Rini tidak merasa khawatir dengan pesaing anggota dewan inkumben. ”Karena setiap orang sudah memiliki jalan hidup dan takdirnya masing-masing. Mari kita jemput harapan itu untuk memperbaiki Tanjungpinang. Yang penting saat ini adalah berusaha mengenalkan diri dan program yang akan dilakukan kalau terpilih,” katanya.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here