Peluang Bagi Industri Kreatif dan UKM

0
721
LOMBA LAYAR: Peserta lomba layar berpacu di Tanjungpinang saat perhelatan FBK, tahun 2016 lalu. f-suhardi/tanjungpinang pos

KADIN MINTA PROMOSI FBK 2017 LEBIH GENCAR

Puluhan kegiatan akan digelar di Festival Bahari Kepri (FBK) Jilid II tahun 2017. Setiap kegiatan pasti mengeluarkan uang.

TANJUNGPINANG – KARENA itu, di perhelatan akbar ini, akan banyak uang yang beredar di masyarakat. Peluang ini harus ditangkap pelaku usah kecil dan industri kreatif.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang, Bobby Jayanto mengatakan, para pelaku usaha tinggal melihat apa saja yang perlu disiapkan menyambut acara besar-besaran itu. Selain itu, Bobby juga menyampaikan, ini kesempatan bagi Tanjungpinang untuk mempromosikan lokasi wisata hingga kuliner dan khas kota ini kepada wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (Wisnus).

Bobby Jayanto mengatakan, semakin banyak event digelar di FBK, akan semakin luas dikenal wisman dan wisnus. Hal itu memberikan dampak positif dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. ”Saya pribadi dan atas nama Kadin telah mempromosikan event-event daerah yang berpotensi meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara,” kata Bobby Jayanto, kemarin.

Baca Juga :  Passing Grade Tes CPNS Diubah!

Kata dia, event FBK yang berpotensi mendatangkan wisnus dan wisman akan berdampak positif bagi masyarakat. Terutama dalam sektor perekonomian dan industri kreatif.

”Masyarakat akan terangkat, hotel, transportasi dan bisa berjualan yang lainnya dengan kehadiran wisman dan wisnus. Event dihadiri banyak orang, otomatis memperkenalkan daerah itu. Dari sisi ekonomi, pendapatan masyarakat juga meningkat,” terangnya.

Namun, lanjut kata Bobby, panitia juga harus mengundang biro perjalanan, baik nusantara dan internasional agar promosi dan publikasi sebelum acara tersebut berjalan.

Sehingga, banyak wisatawan mengetahui informasi tersebut dan bisa merencanakan perjalanan ke daerah yang memiliki event. ”Event ini yang digagas oleh Pak Rida ke depannya harus lebih meriah lagi,” kata Bobby.

Baca Juga :  42.970 Bidang Kampung Tua Batam Ditetapkan

Bobby Jayanto yang juga pelaku pariwisata di Kepri meminta agar pagelaran FBK sukses. Untuk itu, harus dilibatkan semua unsur. Tapi, ke depannya FBK harus bisa mendatangkan wisman lebih banyak lagi. Satu tahun sebelum event, promosi sudah jalan. Promosinya bukan hanya digelar di Indonesia tapi luar negeri. ”Tidak dipungkiri wisman banyak datang ke Kepri dari Tiongkok,” bebernya.

Jadi, kalau FBK ke depannya ingin mendatangkan turis banyak, promosinya harus diperkuat. Promosinya harus digelar di setiap negara, terutama Singapura, Malaysia, Tiongkok, Taiwan, Hongkong, Brunai Darussalam. Karena wisman yang datang ke Kepri, mayoritas dari negara-negara tersebut.

Ia yakin, tanpa promosi yang gencar dan bagus, maka pelaksanaan FBK tahun ini belum tentu sukses seperti yang diharapkan. Jangan sampai banyak anggaran habis, namun karena promosi kurang gencar, hasilnya tidak banyak manfaat.

Baca Juga :  Galang Cocok untuk Kawasan Industri

”Kita senang ada FBK yang bisa menggeliatkan perekonomian di Kepri, terutama di Tanjungpinang,” bebernya.

Bobby juga menegaskan, FBK salah satu event yang bisa meningkatkan perekonomian dan pariwisata. Supaya pariwisata terus berkembang, khusus di Tanjungpinang pemerintah daerah harus membenahi fasilitas pariwisata yang ada.

”Tak usah lah buat objek wisata baru. Objek wisata yang ada dibenahi, dipercantik agar wisman mau berkunjung,” bebernya. FBK akan digelar tanggal 13-22 Oktober 2017 ini dimulai dari Karimun.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here