Pemadaman Listrik Itu Keterlaluan

0
480
Direktur Utama Bright PLN Batam, Dadan (pakai batik tengah) foto bersama FKFD saat buka bersama pada Ramadan beberapa pekan lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS PLN, mikirlah di daerah senggarang sering padam listrik,kalau kami lambt bayar sibuk kasih surat peringatan yang tak ada capnya, tak penting surat kayak gtu.
+6285668156360

TANGGAPAN:
Seandainya ada terjadi pemadaman, itu bukan masalah daya namun pengecualian pada gangguan. Saat ini kebutuhan listrik pulau Batam dan Bintan PLN sudah surplus. Daya yang tersedia mencapai 570 MW dengan beban puncak 540. Artinya saat beban puncak amsih ada cadangan daya 30 MW. Jadi untuk wilayah Batam, BINTAN dan Tanjungpinang dayanya sudah surplus.

PLN juga selalu menyesuaikan produksi untuk ketersediaan daya dengan kebutuhan. Alasannya, jika ada kelebihan daya juga tidak bagus untuk PLN. Kelebihan daya, malah tidak baik. Saat lebaran lalu kami menjamin tidak ada pemadaman karena masalah daya. Kecuali kalau ada gangguan alam.

Saat ini daya listrik Batam yang tersedia, termaksud untuk interkoneksi Batam-Bintan, sekitar 570 MW. Jumlah itu cukup besar, atau lebih dari kebutuhan Batam dan interkoneksi. Selama Ramadan lalu juga tidak ada permasalahan signifikan dalam kelistrikan. Meskipun ada beberapa gangguan kredensial, tapi itu dalam skala kecil. Namun, dapat cepat diatasi kawan-kawan di lapangan.

Saat ini beban puncak PLN Batam, sekitar 540 sampai 550 MW. Daya itu dipakai sekitar 300 ribu pelanggan. Sebagian daya kita evakuasi ke Pulau Bintan. Kesempatan itu, Dadan sempat menyinggung soal penyesuaian tarif PLN Batam. Ditegaskan, penyesuaian tarif dimaksudkan untuk menyelamatkan listrik Batam. Perlu kami tegaskan, penyesuain tarif, dalam menyelamatkan listrik, karena kami sudah menggerus dana lain-lain kami untuk menjaga kelangsungan usaha kelistrikan di Batam. Tapi kami harus menghargai regulasi yang dipegang pemerintah Kepri. (mbb)

Dadan Kurniadipura
Direktur Utama PLN Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here