Pemasukan ke Kas Daerah Tidak Jelas

0
648
Pelabuhan: Suasaan di depan Pelabuhan Sribintanpura yang dikelola oleh PT Pelindo f-zakmi/tanjungpinang pos

Yth anggota DPRD Kota Tanjungpinang, harus dibuka secara transparan bagaimana mekanisme bagi hasil yang di kelola PT TMB dari PT Pelindo. Sudah jalan sepertinya senyap aja. Jangan sampai ada udang di balik-balik.
+6285236369456

Tanggapan:
Terima kasih atas pertanyaan dan sekaligus masukannya, kami dari DPRD Kota Tanjungpinang telah membentuk Panitia kerja (Panja) terkait kebijakan kenaikan ppas tarif dan jalinan kerja sama. Panja tersebut terdiri dari perwakili komisi-komisi di DPRD Tanjungpinang. Nnatinya wakil dari komisi dua yang akan membahas jelas terkait bagi hasil yang di kelola PT TMB yang merupakan Badan Usaha Milik Dearah (BUMD) Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Tera Ulang Meteran Listrik dan Air

Sampai saat ini, perwkailan dari Komisi II DPRD Tanjungpinang juga mengaku tak mengetahui mekanisme pembagian hasil ke Pemko. Jika hanya menguntungkan TMB, tentu ini juga tak boleh. Sebab sebelumnya PT Pelindo lebih dari Rp 1 miliar per tahun memberikan ke Pemko. Maka harusnya, jika sudah di kelola dengan TMB dan besaran DBH nya lebih besarr maka pemasukannya juga lebih tinggi. Kami ketahui, PT Pelindo Tanjungpinang memberikan senilai Rp 28 persen dari tarrif pas masuk pelabuhan internasional. Ditetapkan Rp 35 ribu untuk WNI dan Rp 55 ribu untuk WNA.

Baca Juga :  Kapan Acara Gerak Jalan, Pak?

Meskipun secara pribadi saya mengakui kenaikan ini belum pantas, karena masih tahap pembangunan. Tapi terkait DBH, ini pembahasan yang berbeda yang juga ada kaitannya namun perlu ada kejalasannya. Apalagi selama PT TMB berdiri, belum pernah memberikan profit sharing ke Pemko. Diharapkan nantinya ada kerja nyata dari PT TMB terkait DBH nya. Jangan sampai terkesan tidak transparan. ***

Simon Awantoko
Anggota Komisi I
DPRD Tanjungpinang seklaigus Sekretaris Panja Kenaikan Traif.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here