Pembangunan Jalan Dusun Senempek Belum Pasti

0
552
ASPAL: Jalan menuju Pelabuhan Centeng diaspal belum lama ini. Pengaspalan jalan seperti inilah yang diharapkan warga Dusun Senempek, Lingga. F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – RENCANA pembangunan jalan Dusun Senempek belum juga ada kejelasan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lingga rencananya akan memasukkan anggaran pembuatan Detail Engineering Design (DED) pembangunan jalan Dusun Senempek di APBD Perubahan tahun 2017. Hal ini disampaikan Indra Asmara, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUPR Pemkab Lingga.

”DED-nya akan kita masukkan dalam APBD-P 2017. Kalau anggarannya tersedia kita kerjakan dan jika tidak, maka ditunda tahun depan,” katanya, kemarin. Ia menyampaikan, perencanaan pembangunan pembangunan jalan Senempek tergantung pada kemampuan APBD.

Dilanjutkannya, Pemkab Lingga melalui DPUPR juga selalu mendatangkan anggaran dari pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Karena salah satu tugas dan fungsi DPUPR membuka aksesibilitas antar desa dan membangun jembatan.

”Kami juga bertanggungjawab untuk memelihara infrastruktur yang telah dibangun, seperti jalan dan jembatan. Untuk itu, semua bergantung pada APBD,” jelasnya.

Untuk jalan menuju dusun Senempek prosesnya tinggal peningkatan dengan panjang lebih kurang 3 Km. Jalan itu sudah pernah dibangun 2009. Tinggal peningkatan saja. Indra mengungkapkan, jika anggarannya tersedia, tidak hanya DED jalan, namun untuk peningkatan bisa juga dilakukan. ”Kalau anggaran juga memungkinkan, bisa jadi pelaksanaannya di APBD-P 2017 ini,” terangnya.

Sebelumnya, usulan masyarakat Dusun Senempek tersebut sudah disampaikan kepada wakil bupati Lingga M Nizar baru-baru ini pada acara safari Ramadan. Akses jalan dimaksud termasuk jalur pendidikan untuk anak-anak sekolah serta akses ekonomi untuk masyarakat setempat.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here