Pembangunan Maju, Masyarakat Bermutu

0
411
Anugrah Rifandhi

Oleh: Anugrah Rifandhi
Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, FISIP, UMRAH

Pembangunan proyek pemerintah identik dengan kinerja pemerintahan. Pembangunan banyak, selalu menjadi tolok ukur kesuksesan pimpinan didsuatu daerah. Ada banyak hal yang dilakukan pemerintah dalam pembangunan. Pembangunan kebanyakan hanya dipandang dari aspek infrastruktur saja. Sebenarnya ada banyak jenis pembangunan yang menajdi tanggungjawab pemeritah dalam menjalankan fungsinya. Ada pembangunan ideologi, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, pertahanandan keamanan dan juga pembangunan masyarakatnya serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkungan pemerintah itu sendiri. Jika semua aspek itu telah dibangun dengan baik, maka daerah itu akan semakin maju dan berkembang pula.

Untuk dapat melaksanakan pembangunan dengan baik, terlebih dahulu di upayakan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sekaligus peningkatan masyarakat agar dapat berkembang sebagai masyarakat yang maju dan mandiri berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Sumber daya manusia yang berkualitas akan menciptakan masyarakat yang juga berkualitas. Selanjutnya masyarakat yang berkualitas akan mendorong produktivitas, kreativitas. Inovasi dan kemandirian yang diwujudkan dalam bentuk peran serta secara aktif dalam pembangunan ekonomi dan social masyarakat.

Pembangunan masyarakat haruslah dilaksanakan secara bertahap. Program pembangunan yang dilaksanakan pada dasarnya diarahkan pada upaya pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, penciptaan lapangan kerja yang memadai bagi masyarakat, menggalakkan pembangunan di daerah-daerah yang terpencil dan tertinggal, serta pengentasan kemiskinan. Selanjutnya hasil-hasil pembangunan harus dapat dinikmati secara merata oleh segenap lapisan masyarakat sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Kondisi tersebut menjadi syarat utama bagi terciptanya masyarakat yang tertib, aman, dinamis, harmonisdan sejahtera.

Setidaknya ada 3 hal yang mesti dilakukan secara optimal oleh pemerintah dalam melaksanakan program pembangunannya, yaitu: Pertama, pemerintah harus mencari cara bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat menengah ke bawah secara terintegrasi dengan memberdayakan potensi daerah yang ada. Dengan demikian jika pemerintah berhasil maka pembangunan di suatu daerah akan semakin maju.

Kedua, meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah terutama di daerah yang tertinggal atau jauh dari pusat kota, Pemerintah harus bias meningkatkan kualitas pendidikan yang sama antara masyarakat kota dan masyarakat yang tertinggal di daerah pedalamam, sehingga terjadi pembangunan yang merata dan menyeluruh. Pembanguan juga harus tepat guna agar pengaruhnya bisa langsung dirasakan dan bisa semakin membuat aktivitas perekonomuan amsyarakat semakin berkembang.

Ketiga, membangun secara menyeluruh aksesebilitas, sarana dan prasarana serta infrastruktur publik, terutama yang berhubungan dengan perekonomian dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemerintah juga harus membangun akses dan infrastruktur sesuai dengan sifat dan kebutuhan masing-masing daerah sehingga memudahkan masyarakat untuk membangun daerahnya dan memajukan pemberdayaan masyarakat serta menjadikan sumberdaya masyarakat yang andal.

Dalam mewujudkan keberhasilan semua pembangunan tidak lepas dari kerjasama yang baik oleh seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah dalam mengelola dan melaksanakan seluruh program-program kerjanya. Ini sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat secara adil dan merata berdasarkanatas nilai-nilai Pancasila yang telah lama ada di kehidupan masyarakat Indonesia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here