Pembangunan Pasar Modern Dilanjutkan

0
604
TERBENGKALAI: Bangunan Pasar Modern terlihat tidak terawat setelah terbengkalai selama 2 tahun karena minim anggaran. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – SETELAH sempat terhenti selama kurang lebih 2 tahun, akhirnya Pemerihtah Kabupaten (Pemkab) Natuna kembali melanjutkan pembangunan pasar modern di Jalan Datuk Kaya Wan Mohd Benteng, Ranai. Kelanjutan pembangunan pasar moderen tersebut, akan dimulai pada tahun 2018.

Semula, proyek pasar modern tersebut dihentikan lantaran ketidakmampuan anggaran pemerintah daerah. Sehingga, proyek yang direncanakan senilai Rp 38 miliar itu dihentikan pada pertengahan tahun 2015 lalu. Sementara itu, dari progres pekerjaan bangunan pasar modern baru mencapai 40 persen.

Sehingga, pemerintah masih harus kembali melanjutkan sisa pekerjaan dengan melihat kemampuan anggaran daerah. Bupati Natuna Hamid Rizal mengatakan, sejumlah mega proyek seperti pasar modern akan kembali dilaksanakan tahun depan. Hal itu sudah menjadi komitmen, antara kepala daerah saat ini dengan kepala daerah periode sebelumnya. Jika tidak dilanjutkan, Hamid mengaku khawatir bangunan itu menjadi rusak.

”Kita berkomitmen pembangunan gedung pasar modern dilanjutkan. Karena ini demi kepentingan masyarakat,” kata Hamid, kemarin. Saat ditanya soal gedung DPRD yang turut terhenti pekerjaannya, Hamid mengaku akan melanjutkan sesuai kemampuan anggaran. Dari dua mega proyek itu, secara prioritas, Hamid berpendapat bahwa bangunan pasar modern lebih penting.

”Kalau anggaran daerah cukup, ya kita lanjutkan. Dan untuk perusahaan kontraktornya kita cari yang betul betul konsisten dan bertanggungjawab,” tutupnya. Pasar modern merupakan pasar yang bersifat memperjual belikan barang dengan harga yang pa, sehingga tidak ada aktivitas tawar menawar dan dengan layanan yang baik. Keunggulan pasar modern, yaitu tempatnya bersih dan nyaman.

Selain itu, pasar modern tidak hanya menjual kebutuhan sandang dan pangan saja. Namun, pasar tersebut juga menjual kebutuhan pokok dan sebagian besar barang dagangan yang dijualnya memiliki kualitas yang baik. Warga Jalan Datuk mengaku senang dengan adanya rencana, pemerintah akan kembali melakutkan pembangunan pasar modern tersebut. Suarja warga setempat mengatakan, sudah beberapa kali ditinjau oleh pemerintah di lokasi pasar yang kini telah tertutupi semak belukar.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here