Pembangunan Pelabuhan Rampung Dua Tahun

0
494
BONGKAR MUAT: Para buruh pelabuhan di Pelantar II Tanjungpinang saat bongkar muat barang-barang. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUGPINANG – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menilai pembangunan infrastruktur pelabuhan sangat penting di lakukan di setiap kabupaten-kota. Guna mempercepat proses masuk dan ke luarnya barang-barang, termasuk bahan kebutuhan pokok.

Di Tanjungpinang, melalui APBD Provinsi Kepri mulai, Senin (6/11) mulai dikerjakan pembangunan dan pelebaran Pelabuhan Pelantar I dan II. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah mengatakan, dilakukan secara bertahap yang ditargetkan selesai dua tahun.

Tahap pertama yaitu pembangunan tiang pancang. Setelah itu dilanjutkan dengan pembangunan badan jalan. ”Insyaalllah pembangunan pelabuhan dilakukan bertahap dan tidak mengganggu proses bongkar muat barang selama proses pembangunan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (9/11).

Melalui pembangunan tersebut, diharapkan mampu mempercepat proses bongkar muat. Kapal-kapal tidak lama mengantri. Selama ini, kapal kargo yang melakukan parkir bongkar muat di Pelantar II bisa memakan waktu 15 hari. Dengan adanya pembenahan dan pembangunan bongkar muat, diharapkan bisa selesai dalam satu atau dua hari. ”Mudah-mudahan proses pembangunanya dapat terlaksana dengan lancar sesuai rencana,’ paparnya.

Arif menyebutkan, tujuan pengembangan pembangunan Pelabuhan Pelantar II, memperlancar arus barang, meningkatkan perekonomian dan menekan inflasi kota Tanjungpinang khususnya dan Provinsi Kepri umumnya.

Selain itu juga, jalan yang di Pelantar I dan II juga digabung untuk memudahkan akses keluar masuk kendaraan. ”Jalan juga nyambung, dengan kapal yang banyak merapat dapat mengurangi cost dan kebutuhan masyarakat tercukupi,” ujarnya.

Harus diakui, proses bongkar muat yang lama dapat membuat harga kebutuhan melambung dari normalnya.  Ke depan, Pemprov merencanakan agar pelabuhan barang bisa terhubung dari Pelantar 1 sampai Pelantar KUD.

Dengan luas ukuran dari Pelantar I ke Pelantar II sekitar 320 meter. Serta dari Pelantar II ke Pelantar KUD sekitar 230 meter ditambah lahan parkir 20 meter.  Tujuannya agar tertata rapi, indah dan tidak terjadinya lagi penumpukan barang dan kendaraan di pelabuhan ini. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here