Pembangunan Pendidikan Bintan Dapat ’Imbalan’

0
249
KADISDIK Bintan Tamsir SSi MSi mewakili Bupati Bintan, menerima penghargaan nasional dari Deputi Bidang Ekonomi Staf Kepresidenan Denni Puspa Purbasari, Rabu malam lalu. f-istimewa

JAKARTA – Program pembangunan pendidikan di Kabupaten Bintan yang dijalankan Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama Wakil Bupati H Dalmasri Syam, mendapat imbalan penghargaan dari pemerintah pusat. Bupati Bintan H Apri Sujadi mendapatkan penghargaan Indeks Kelola 2018, atas penilaian kinerja terbaik dalam kategori pembangunan bidang pendidikan.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir SSi MSi dari Deputi Bidang Ekonomi Staf Kepresidenan Denni Puspa Purbasari, di Ballroom Jakarta Theatre, Jakarta Pusat, Rabu (28/11) malam lalu.

Selain mendapatkan penilaian kinerja terbaik dalam kategori pembangunan bidang pendidikan, Kabupaten Bintan dinilai mampu meningkatkan kualitas angka partisipasi murni, dibandingkan daerah lainnya. Angka putus sekolah juga dinilai rendah, serta keberhasilan tersebut juga didukung dengan alokasi anggaran pendidikan sebesar 22 persen dari total APBD. Alokasi ini lebih besar dibandingkan daerah lainnya.

”Kabupaten Bintan juga dinilai memiliki tenaga pengajar berijazah S1 di atas 91 persen untuk sekolah SMP. Lalu, untuk sekolah dasar (SD), kita memiliki angka 77 persen,” ujar Tamsir, Kadisdik Bintan saat dihubungi Tanjungpinang Pos, Kamis (29/11) pagi kemarin.

Tamsir menyebutkan, pemberian penghargaan ini ditujukan kepada 66 kepala daerah se-Indonesia yang terpilih sebagai pemenang Indeks Kelola 2018, yang meliputi kategori pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pembangunan ekonomi.

Selama ini, jelas Tamsir, Pemkab Bintan melalui kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Bintan, selalu berkomitmen menempatkan sektor pendidikan sebagai program prioritas, membangun dan meningkatkan baik sarana/infrastruktur pendidikan, SDM guru dan tenaga pendidikan secara kuantitas dan kualitas.

”Program pendidikan ini dijalankan, dan langsung menyentuh masyarakat serta sekolah,” tambahnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menerangkan, penghargaan Indeks Kelola 2018 ini digelar untuk mendorong penggunaan APBD, yang sejalan dengan agenda bangsa dan negara. Khususnya bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pertumbuhan ekonomi.

H Apri Sujadi menyatakan, Pemkab Bintan tetap komitmen memajukan bidang pendidikan. Secara bertahap, terus membenahi infrastruktur pendidikan, sekaligus memberikan bantuan-bantuan untuk memajukan dunia pendidikan.

”Ya, seperti program bantuan perlengkapan sekolah dan transportasi sekolah gratis,” tegas H Apri Sujadi, kemarin. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here