Pembangunan SLB Dikebut

0
396
Wan Sopian

NATUNA – KEBERADAAN Sekolah Luar Biasa (SLB) di Natuna, menjadi kebutuhan yang mendesak. Untuk itu, Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Sofyan mengatakan, Natuna dalam hal ini eksekutif dan legislatif secara bersama-sama mendorong percepatan pembanguna SLB di Natuna.

Sebab, banyaknya permintaan dan usulan dari masyarakat agar anak-anak penyandang disabilitas dapat mengakses pendidikan yang layak. ”SLB bagi kita di Natuna sangat penting, sudah banyak usulan masuk kepada kami mengenai hal itu. Dan memang itu diperlukan masyarakat,” kata Wan Sofyan, di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Bunguran Tengah, kemarin.

Ia menyebutkan, SLB tengah dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri di Jalan Sihotang, Kelurahan Ranai. Akan tetapi, pemerintah dan DPRD terus memantau dan mendorong agar proses pembangunannya digesa. ”Betul. Sekolahnya sudah dibangun dan dikabarkan Desember nanti pembangunan itu selesai. Berbicara perihal sekolah, bukan hanya gedung tetapi menyangkut sarana dan prasarananya,” jelas Wan Sofyan.

Selain itu, sekolah juga membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai tenaga pengajar untuk anak-anak penyandang disabilitas.
juga bagaimana sarana, SDM dan keperluan lainnya. Ini yang perlu kita dorong,” ungkapnya.

Mengenai peruntukan sekolah itu, Sofyan mengaku pemerintah sedang melakukan survei kondisi mengenai keperluannya dari sisi kalangan umur. ”Kalau peruntukannya masih ditinjau, apakah itu untuk SD, SMP atau SMA, tergantuntung keperluan terbanyak. Tapi kalau bisa itu dari dasar dulu,” ucapnya.

Ia berharap ke depan tidak ada lagi anak usia sekolah di Natuna yang tidak dapat mengakses pendidikan hanya gara-gara ia menyandang disabilitas. ”Mudah-mudahan tahun depan sekolah itu bisa dioperasikan agar semua anak Natuna bisa mendapatkan hak pendidikan, meskipun ia memiliki keterbatasan secara fisik,” tuntasnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here