Pembangunan Terhambat Status Lahan

0
659
Tabrani

NATUNA – Camat Pulau Tiga Tabrani mengatakan, koordinasi intens harus dilakukan pemerintah dalam kegiatan pembebasan lahan untuk pembangunan. Sehingga, saat pembangunan berlangsung tidak terjadi kekeliruan di belakang hari.

Menurutnya, koordinasi itu harus dilakukan dari tingkatan dinas selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) hingga ke level pemerintahan yang paling rendah. Hal ini diperlukan untuk menyerap informasi yang valid mengenai lahan yang akan dibebaskan.

”Untuk pembebasan lahan kami minta ada koordinasi yang intens dari dinas terkait bila hendak membangun di suatu tempat. Kalau ini tidak jalan, akan muncul potensi masalah di kemudian hari,” kata camat Tabrani di Bukit Arai, Senin (26/2).

Baca Juga :  Jelang Musim Utara, Warga Stok Pangan

Ia menyebutkan, dampak dari koordinasi yang kurang baik itu sudah ada beberapa yang terbukti di Natuna bahkan sudah ada yang menuai masalah yang berujung pidana. Tabrani mencontohkan, apa yang terjadi di wilayah kecamatannya.

Tahun ini, pemerintah telah menganggarkan pembangunan gedung puskesmas tapi urusan lahannya belum kelar. Keadaan ini diyakininya, akan berpotensi menjadi kendala jalannya pembangunan tersebut.

”Kadang kami di kecamatan jadi kaget, tiba-tiba ada anggaran untuk pembangunan tapi lahannya belum ada. Ini kan jadi soal juga dan persoalan ini bermula dari kurangnya koordinasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Keluar Api, Warga Berhamburan di SPBU

Kejadian-kejadian seperti ini juga terjadi di wilayah kecamatan lain, seperti Kecamatan Serasan, Suak Midai dan lain sebagainya. Akibatnnya, beberapa rencana pembangunan-pembangunan itu menjadi tertunda.

”Belakangan ini sudah ada beberapa pembangunan yang tidak jadi dilakukan meskipun sudah dianggarkan gara-gara lahan, kan sayang kalau jadi begitu. Dan mudah-mudahan saja pembangunan Puskesmas Pulau Tiga Barat tidak bakal tertunda, sekarang lagi sibuk-sibuk koordinasi mengenai lahan,” pungkasnya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here