Pemberian Vaksin MR Ditunda

0
209
KADINKES Pemkab Natuna Rizal Rinaldy saat pencanangan Vaksin MR di salah satu sekolah belum lama ini. F-ISTIMEWA

Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas, menunda pemberian vaksin Measles dan Rubella (MR) kepada 23 ribu anak Natuna.

NATUNA – Kepala Dinas Kesehatan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Natuna Rizal Rinaldy menegaskan, bahwa kampanye dan introduksi vaksin MR kepada 23 ribu balita dan anak mulai dari umur 9 bulan sampai 15 tahun ditunda sampai ada keputusan dari Menteri Kesehatan dan fatwa MUI Pusat.

Ia menjelaskan, penundaan pemberian vaksin tersebut menindaklanjuti hasil pertemuan antara MUI Pusat, Kemenkes RI dan PT Biofarma selaku pengimpor vaksin MR pada tanggal 3 Agustus 2018 kemarin dan berdasarkan konsultasi dan arahan dari Bapak Bupati Natuna.

”Betul, kita melakukan penundaan pemberian vaksin MR kepada 23 ribu Anak di Natuna, sampai ada keputusan lebih lanjut ada kementerian kesehatan,” kata Kadiskes Natuna Rizal Rinaldy, melalui selulernya, Sabtu (4/8).

Berdasarkan pemberitahuan tersebut, pihaknya meminta kepada seluruh puskesmas se-Kabupaten Natuna untuk tidak melanjutkan pemberian vaksin MR kepada balita dan anak. ”Kita sudah sampaikan kepada seluruh puskemas maupun pustu, yang ada Natuna mulai tanggal 4 agustus 2018. Untuk menghentikan sementara pemberian vaksin MR, sampai waktu yang ditentukan kemudian,” jelasnya.

Pihaknya berharap, ke depan bisa mendapatkan keputusan yang jelas, dan tidak terjadi permasalahan yang serius sehingga berlarut-larut. Pihak Dinkes berharap, dalam waktu dekat ini bisa dihasilkan keputusan yang jelas terkait pemberian vaksin tersebut. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here