Pemda Bakal Jalankan Program Pemberantasan Sampah

0
64
BUPATI Kabupaten Kepulauan Anmbas Abdul Haris SH sedang memungut sampah pada kegiatan gotong royong di tepi pantai area pemukiman warga Kelurahan Letung RT 1 Jungkong. f-istimewa

ANAMBAS – Pasca kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti di Kabupaten Kepulauan Anambas, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan membuat program pemberantasan sampah di laut demi kemajuan perekonomian perikanan dan pariwisata anambas ke depanya lebih baik.

”Saya sudah perintahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, agar dapat menggelar rapat terbatas dengan seluruh Camat Kabupaten Kepulauan Anambas. Rapat itu membahas terkait pemberatasan sampah dilaut dan pengelohan sampah yang baik,” kata Abdul Haris SH, Bupati Anambas kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (21/7).

Ia juga menyampaikan, keadaan sampah dilaut sudah sangat memprihatinkan dan itu perlu tindakan yang nyata.

Ia juga berharap kepada seluruh pihak, elemen masyarakat serta komunitas pencinta alam agar dapat ikut berpartisifasi tentang pemberantasan sampah dilaut.

”Kami akan berikan reward kepada kelompok masyarakat, mulai dari tingkat RT hingga desa dan Camat sebagai koordinator pergerakan tersebut. Lalu akan di pantau oleh tim dari kabupaten. Saat ini kita berikan reward, ke depannya bisa jadi akan di berlakukan sangsi,” sebut Haris.

Dirinya juga meminta kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk menyediakan tempat sampah disetiap sudut kantor. selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mengkampanyekan terkait lingkungan yang bersih.

”Sampah yang paling menakutkan itu menurutnya adalah, dari bahan plastik yang sulit diurai jika di buang dalam laut. Mestinya sampah dari bahan plastik harus dibakar, kemudian ditanam. Biasakan jaga lingkungan laut mulai dari diri sendiri,” imbuh dia.

Sementara itu, warga Kelurahan Letung RT 1, Junkong Sapril mengatakan, soal pembuangan sampah dilaut sering ia sampaikan ke warganya dan ia yakin jika terus menerus disampaikan tentu akan dapat lebih mengerti.

Ia akan mendukung atas rencana program Pemda dalam pemberantasan sampah dilaut.

”Sudah betul itu rencana Pemda. Kami sebagai masyarakat pasti akan ikut mendukung. Asalkan fasilitas pendukung lainnya di lengkapi. Seperti tong sampah, kendaraan angkut sampah ditambah, tempat pengolahan sampah bahkan jika perlu adakan Bank Sampah,” ujar dia.

Menteri Keluatan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti menitipkan pesan untuk Bupati Anambas Abdul Haris SH, agar menjaga kebersihan dan kelestarian serta kelangsungan ekosistem maupun biota laut di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Tibanya Susi Pudjiastuti ke tanah Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas, diharapkan dapat merubah perkembangan peningkatan wisata di Anambas.

Menteri KKP juga sempat melepas telor lobster, di laut pulau Berhala Kecamatan Jemaja.

Selain melakukan pelepasan telor lopster, menteri Susi juga memainkan kano mengelilingi Pulau Berhala.

Ia juga menggelar acara ramah tamah, bersama tokoh masyarakat Jemaja dan Jemaja Timur dan didampingi Bupati Anambas Abdul Haris. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here