Pemda dan Saudagar Melayu Harus Bersinergi

0
758
FOTO BERSAMA: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan pengurus (PASRM) foto bersama usai dikukuhkan di Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (24/9) malam.f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pengurus Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu (PASRM) Provinsi Kepri dan Pemerintah Daerah (Pemda) harus bersinergi. Ing Iskandarsyah, anggota Komisi II DPRD Kepri yang turut hadir saat pengukuhan PASRM berharap perlunya sinergitas keduanya dalam memperkuat ekonomi Kepri.

”Pemerintah sangat diharapkan memberikan perhatian serius, bimbingan dan kemudian memberikan akses perizinan dan permodalan terhadap Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu yang sudah terbentuk,” kata Iskandarsyah, kemarin.

Politisi PKS ini menjelaskan, pemerintah daerah harus memiliki kebijakan dan pembinaan yang mampu mendorong, memfasilitasi, sekaligus memproteksi para pengusaha yang berkembang. Terutama pengusaha yang ada di Tanjungpinang dan sekitarnya. Ia juga berharap, tidak kalah penting pula berupa akses modal dan pasar bagi saudagar Melayu di Kepri.

Karena, semuanya sudah dikembangkan dalam kebijakan berupa Lembaga Penjamin Dana Bergulir (LPDB) dan Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida). ”Sayangnya, dua fasilitas sarat manfaat ini belum terlaksana walau sudah disahkan dua tahun lalu. Ini perlu jadi catatan kita,” kata Iskandarsyah.

Baca Juga :  Besok, KM Bukit Raya Sandar Perdana di Letung

Perkumpulan saudagar Melayu, diyakini Iskandarsyah, juga bakal memperluas pasar. Menurutnya, Saudagar Rumpun Melayu ini bia berkembang hingga seluruh Asia Tenggara. Kejayaan perdagangan zaman masa lalu, dinilainya, merupakan modal pengalaman yang amat berharga untuk mampu berkarya lebih jauh lagi.

Historis perdagangan masa kerajaan yang pernah jaya, harus dibangkitkan lagi. Dan, bagi pengurus Saudagar Melayu ini, bisa juga menurunkan ilmu bisnisnya kepada anak-anak muda di Kepri. ”Bisa anak muda belajar bagaimana mengembangkan bisnis yang baik. Anak muda kita jangan hanya mengejar jadi pegawai saja. Tapi harus menjadi pebisnis yang berkembang,” bebernya.

Baca Juga :  Siswa Harus Pilah Informasi di Internet

Kata dia, dulunya negara Singapura sama seperti Tanjungpinang dan Daik. Tapi dengan manajemen yang tepat, Singapura berkembang pesat. Semangat untuk mengembangkan daerah menjadi bagian dari tujuan terbentuknya Saudagar Melayu.

”Karena, dulu kita pernah punya semangat itu. Dulunya perairan Sungai Carang Senggarang Tanjungpinang adalah bandar yang sangat ramai. Semua kapal ingin berlabuh di sana. Tapi sekarang kembali dibangkitkan melalui Festival Sungai Carang,” bebernya.

Menurutnya, dengan lahirnya atau terbentuknya Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu akan dapat memberikan peran bagi pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan ke depannya. Tidak hanya di Tanjungpinang tapi seluruh kabupaten dan kota di Kepri.

”Kita doakan semoga Perhimpunan Saudagar Rumpun Melayu dapat berperan dalam pembangunan di Kepri dan bisa bersinergi dengan sahabat sahabat pelaku binis lainnya,” bebernya.

Baca Juga :  70 Ribu Pekerja Tak Terdaftar di BPJS

Ia juga berharap, dengan lahirnya Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu bisa sebagai lokomotif penggerak pertumbuhan ekonomi baru di Kepri.

Iskandarsyah melihat, pengurus-pengurus Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu merupakan pengusaha suskes dari berbagai bidang. ”Kita inginkan Perhimpunan Agung Saudagar Rumpun Melayu bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi di Kepri,” harapnya.

Pengurus PASRM Provinsi Kepri periode 2017-2020 sudah dibentuk dan dikukuhkan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun di Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (24/9) lalu. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here