Pemda Diminta Bangun Pabrik Sagu

0
70
BUPATI Kabupaten Lingga H Alias Wello (kanan) menunjukkan sejumlah pulau kosong di Lingga yang miliki potensial dijadikan pulau karantina dan perkebunan kepada Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman tahun lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

Para petani sagu yang berada di Desa Keton, Kudung, Nerekeh, Seranggung, Panggak Laut dan beberapa desa lainnya membutuhkan peranan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lingga untuk memperhatikan pengembangan pengelolaan sagu dengan mendirikan pabrik pengolahan sagu.

LINGGA – Keterbatasan yang dimiliki para petani saat ini, membuat mereka tidak bisa berbuat banyak untuk menghasilkan sagu secara maksimal.

Menurut pengakuan Amran, salah seorang petanu sagu di Desa Keton bahwa kendala petani sagu saat ini untuk mengembangkan hasil sagu adalah tidak maksimalnya pengeloaan hasil sagu yang diperoleh. Sebab, pengelolaan sagu masih menggunakan cara tradisional.

”Hal itu ditambah dengan anjloknya harga sagu, yang membuat para petani sagu saat ini setengan hati untuk memaksimalkan panen,” kata Amran, kemarin.

Ia menambahkan, tanaman sagu sudah menjadi penopang hidup kami di tengah kesulitan lapangan pekerjaan saat ini. Menurutnya, sejak nenek moyang darimasyarakat di daerahnya sudah bekerja dan makan dari hasil sagu sehingga tidak bisa meninggalkan begitu saja.

”Proses pengolahan sagu cukup menguras tenaga, karena dimulai dengan menebang, menggulingkan untuk dibawa ke tempat pengolahan. Setelah itu, proses pembersihan kulit dan pemarutan batang hingga menghasilkan sagu putih bersih,” ucapnya.

Saat ini, harga sagu sudah mulai anjlok yakni 1 Kilogram (Kg) sagu basah cuma Rp1.200 dan terkadang harga itu bisa lebih murah. Sebelumnya, harga sagu yang dibelu dari petani bisa Rp10 hingga Rp15 ribu per kilogramnya. ”Kami berharap, pemerintah dapat menstabilkan gatga sagu,” harapnya.

Saat ini, sagu produksi masyarakat Kabupaten Lingga dibawa ke Provinsi Jambi dan Selat Panjang, Provinsi Riau. ”Coba Pemda membuat pabrik pengolahan sagu sendiri, tentunya harga sagu bisa mensejahterakan petani,” imbuhnya. (TENGKU)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here