Pemda Harus Revisi Perda BUMD

0
201
PIMPINAN DPRD Imran dan Bupati Anambas Abdul Haris SH saat Menandatangani sejumlah Ranperda. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas diminta merevisi, Peraturan Daerah (Perda) tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Pasalnya, Perda yang ada saat ini sudah tidak sesuai dengan peraturan yang diterbitkan pemerintah yakni PP No 54 tahun 2017 tentang Badan Milik Usaha Milik Daerah (BUMD), turunan dari Undang Undang No 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

“Dari regulasi Perusda sudah tidak sesuai lagi. Pemerintah Daerah harus melakukan revisi atau dicabut, karena isinya hampir 50 persen tidak sesuai lagi,” Kata Rocky Sinaga, selaku anggota Bapemperda DPRD Anambas, Selasa (25/12).

Ia menjelaskan, Pemerintah Daerah pernah menyampaikan perubahan tentang Perusda dan itu disampaikan pada tahun 2017 lalu menjadi skala prioritas pada tahun tersebut. “Namun saat itu, kita kembalikan dengan alasan Perda tersebut belum memenuhi syarat Undang-undang (UU) No 11 dan Permendagri no 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah,” jelas dia.

Salah satu alasan foundamental, lanjut Rocky, kenapa dikembalikan satunya tidak terlampirnya pokok-pokok pikiran kenapa harus dirubah.

“Drafnya belum memenuhi syarat, dan dalam drafnya tidak terlampir pokok pikiran kenapa harus direvisi,” ujar dia.

Rocky menambahkan, pada tahun 2018 Ranperda itu kembali diusulkan namun kembali tak dapat dibahas oleh DPRD karena kembali syaratnya belum lengkap.

“Waktu itu alasan pemerintah masih menunggu undang-undang yang baru tentang BUMD. Sekarang ini, PP sudah keluar Yakni PP no 54 tahun 2017 maka segerakanlah,” ucapnya,” kata dia.

Memang, ditahun 2019 pemerintah dan DPRD kembali memasukan Propemperda itu untuk dibahas.

Jadi, dengan hal ini Bapemperda DPRD mendesak Bagian Hukum Pemerintah Daerah untuk segera menyampaikan revisi Perda Perusda yang terbaru.

“Jadi ini dapat segera dibahas sehingga Ranperda tentang Perusda dapat kita bahas dan perusda dapat diaktifkan kembali,” tutur dia. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here