Pemeliharaan PLTS Pulau Berhala Rp 613 Juta

0
312
PANTAI: Pulau Berhala menjadi tujuan wisatawan karena memiliki keindahan alamnya seperti pantai pasir putih. F-ADLY HANANI/tanjungpinang pos

LINGGA – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lingga anggarkan Rp 613 juta untuk pemeliharaan lampu penerangan jalan untuk Pulau Berhala, Kecamatan Singkep Selatan. Pulau yang luasnya 47.990 M2 dan dihuni 55 kepala keluarga (KK) ini, Pemkab Lingga harus merogoh kocek ratusan juta agar warga di Pulau mendapat penerangan yang maksimal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dibangun Kementerian ESDM tahun 2013 lalu. Sebagai pulau yang didaulat tempat wisata tersebut, sarana penerangan sangat penting diprioritaskan.

”Nilai anggaran sebesar itu, sebenarnya masih belum cukup untuk melakukan perbaikan total dari kerusakan PLTS di Pulau Berhala. Ada sekitar 90 Aki pembangkit, yang harus diganti untuk menghidupi lampu jalan. Belum lagi baterai dan lampu di tiang listrik yang harus diganti,” kata Syarifuddin, Kabid Pertamanan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Lingga, Selasa (17/10).

Ia menjelaskan, pagu anggaran Rp 613 juta hanya bisa memperbaiki 75 persen kerusakan mesin PLTS di Berhala. Dengan perbaikan yang dilakukan ini, nantinya masyarakat Pulau Berhala akan bisa menikmati listrik selama enam jam dari Pukul 18.00 hingga Pukul 24.00 WIB.

”Listrik adalah sarana yang dibutuhkam untuk mengembangkan Pulau Berhala. Tidak hanya masyarakat yang merasakan manfaatnya, tetapi juga wisatawan yang berjunjung,” terangnya.

Namun, ketika dipertanyakan terkait kegiatan pemeliharaan lampu penerangan jalan tidak menyebutkan adanya perbaikan pembangkit PLTS. Syarifudin, menjelaskan, perkataan pemeliharaan lampu jalan secara langsung kegiatan yang dilakukan adalah memperbaiki pembangkit PLTS. ”Bila pembangkitnya rusak, tentu lampu penerangan jalan tidak bisa digunakan,” terangnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Tanjungpinang Pos, dari penawaran lelang di LPSE Kepri kegiatan Pemeliharaan Lampu Jalann di Pulau Berhala mengunakan anggaran dari APBD-P Kabupaten Lingga tahun 2017. Disebutkan, saat ini ada 20 perusahaan yang ikut lelang. Namun, belum ada perusahaan pemenang lelang disebutkan.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here