Pemerintah Dorong Masyarakat Beternak

0
151
PARA peternak sapi di Karimun mengembangkan program penggemukan sapi di Desa Pongkar, Tebing, Karimun. f-istimewa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, mendorong masyarakat untuk beternak sesuai kemauan dan kemampuan baik itu dengan kelompok dan perorangan.

KARIMUN – ”Tahun ini ada program pemberian ternak sapi, ayam kampung, kambing pada masyarakat. Pemberian bantuan bibit hewan ternak, dalam rangka mendorong masyarakat di pedesaan memanfaatkan potensi yang ada. Termasuk beternak sapi, ayam dan kambing,” kata Kepala Dinas Peternakan Dan Pangan Karimun M Affan.

Tahun lalu, telah diserahkan induk ayam kampung pada masyarakat desa. Hasilnya, masyarakat desa dapat menghasilkan ayam lebih dari yang diberikan.

Kemudian menjual kembali ke pasar, dengan harga yang lumayan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Sedang dipikirkan, bagaimana cara untuk mencegah penyakit musiman ayam.

Peternak mengeluhkan, terkadang tiba-tiba ayam langsung sakit dan tak bisa dikosumsi lagi. Sehingga, membuat warga tidak bersemangat kembali beternak ayam.

Sementara, untuk beternak kambing dan sapi diperlukan orang yang rajin. Karena harus mencari rumput, sebagai pakan utama ternak sapi dan kambing.

Kemudian, kemauan untuk membersihkan area kandang sehingga sapi atau kambing bisa sehat. Jika peternakan sapi dan kambing bisa berhasil, maka ke depan akan dicanangkan membuat program penggemukan sapi dan kambing.

Sehingga, sapi bisa dijual sebagai hewan potong dalam waktu yang tidak cukup lama.

”Kami kesulitan mendapatkan pasokan ayam kampung, dengan berat 1 ekor 1,2 kilogram. Jika ada peternak ayam kampung, akan memudahkan kami mendapatkan ayam,” kata Uni pedagang makanan ayam kampung goreng di Karimun.

Menurut dia, tingkat kosumsi ayamKampung tergolong tinggi. Hal itu terlihat , ari penjualan ayam untuk setiap harinya. Terkadang, stok ayam sampai kosong karena ayam ukuran ideal untuk dimakan dua orang tidak ada.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here