Pemerintah Siapkan Regulasi DD dan ADD

0
674
DIALOG: Kades Tebias, Ali saat bertanya kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq dan nara sumber lainnya tentang pengelolaan DD dan ADD, belum lama ini. f-alrion/tanjungpinang pos

Pemerintah Kabupaten Karimun menyiapkan empat regulasi tentang pengelolaan Dana Desa (DD) dan Dana Alokasi Desa (ADD) tahun 2018.

KARIMUN – Regulasi disiapkan dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup) Karimun. ”Alhamdulillah, ada empat regulasi yang sedang disiapkan agar DD berjalan dengan baik,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq di gedung Nasional belum lama ini.

Keempat regulasi itu antara lain Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kewenangan Desa, Perbup tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Perbup tentang pedoman teknis pelaksanaan DD 2018, Perbup tentang pedoman teknis pelaksanaan ADD.

Keempat Perbup sudah dibahas tim fasilitasi Kabupaten, pendamping desa. Dalam waktu dekat akan dibahas melibatkan perwakilan Kepala Desa.

Di Karimun ada 42 desa, perkiraaan DD tahun 2018 sebesar Rp35.444.527.000 sama dengan tahun sebelumnya. ADD mengalami peningkatan dari Rp 19.009.867.751 menjadi Rp 49.120.977.600.

Prioritas penggunaan DD tahun 2018, untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan dari bidang pembangunan desa. Kemudian pemberdayaan masyarakat desa, untuk membiayai pelaksanaan program kegiatan yang bersifat lintas bidang, kegiatan BUMDes atau BUMDes bersama, embung, produk unggulan desa atau kawasan pedesaan, sarana olahraga Desa.

Pembagian ADD, Rp49.120.977.600, dimana 90 persen dibagi merata untuk seluruh Desa.10 persen dari ADD dibagi berdasarkan indikator jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas wilayah dan letak geografis.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here