Pemerintah Siapkan Rp 20 M untuk Lahan Warga

0
308
Agus Supardi

Natuna – KEPALA Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Kabupaten Natuna, Agus Supardi menyebutkan tahun ini pemerintah telah menyediakan anggaran sebesar Rp 20 miliar untuk pembebasan lahan milik warga. Hal ini untuk mendukung percepatan pembangunan Natuna.

Agus berkata, tahun ini terdapat sejumlah pembebasam lahan yang akan dibebaskan mulai dari kawasan pertahanan hingga perluasan lahan pemakaman di Kota Ranai.

”Untuk pembebasan lahan anggarannya sudah tersedian Rp 20 miliar. Anggaran ini untuk lahan TNI AD di Tanjung Datuk dan Kelanga, Gedung SD, SMP Satu atap, Kawasan Perikanan di wilayah Pering, Kelurahan Bandarsyah dan Pekuburan Batu Hitam Kelurahan Ranai dan ada juga yang lain,” terangnya.

Namun begitu, Agus mengaku belum mengetahui total luas lahan yang akan dibebaskan tahun ini karena luas lahan tergantung pada SKPD atau instansi pengguna lahan dimaksud.

”Totalnya kita belum tahu, sekarang lagi proses administrasi dari SKPD masing-masing. Kalau proses ini sudah selesai baru kita ketahui persisnya berapa,” ujarnya.

Agus mengaku, upaya pembebasan lahan ini dilakukan untuk mendukung percepatan pembangunan yang dicanangkan pemerintah pusat.

Ia menyatakan, dalam pembebasan lahan pemerintah tidak memiliki standar karena harga lahan berdasarkan pada nilai NJOP dan harga yang berlaku.

”Ketentuan harga tanah di Natuna tidak ada, kita menggunakan standar nilai NJOP, dari sisi luas kita ada batasan maksimal yakni 5 hektare untuk daerah dan lebih dari itu, provinsi yang punya kewenangan,” tukasnya.(Herdiansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here