Pemilih Pemilu 2019 Wajib Punya KTP Elekronik

0
2991
SOSIALISASI PEMILU: Ketua KPU Bintan Wandra Fadillah membuka sosialisasi tahapan, program dan jadwal Pemilu 2019, di Hotel Aston Tanjungpinang, Jumat (29/9) kemarin. F-yendi/tanjungpinang pos

BINTAN – KPU Kabupaten Bintan kembali menyampaikan, warga Bintan yang berhak menjadi pemilih pada saat Pemilu legislatif dan Pilpres 2019 mendatang, wajib mempunyai KTP Elektronik (KTP-el) dan terdaftar di TPS. Sesuai Undang Undang nomor 7 tahun 2017, tanpa memiliki KTP-el, warga tak bisa menggunakan hak pilihnya.

”Ini menjadi tugas kita bersama, untuk mengajak warga Bintan, agar segera mengurus KTP-el. Kan masih cukup panjang waktu mengurus KTP-el, sebelum penetapan DPS maupun DPT pada Pemilu 2019,” kata Wandra Fadillah, Ketua KPU Bintan di sela sosialisasi Peraturan KPU nomor 7/2017 tentang tahapan, program dan jadwal Pemilu 2019, di Hotel Aston Tanjungpinang, Jumat (29/9) kemarin.

Sesuai PKPU nomor 7/2017 tersebut, 3 Oktober ini sudah masa pendaftaran partai politik sebagai calon peserta Pemilu. Kemudian, parpol akan diverifikasi di tingkat pusat, terhitung mulai 15 Desember 2017. Penetapan parpol sebagai peserta Pemilu, pada 17 Februari, dilanjutkan penetapan nomor urut parpol, 20 Februari 2018 mendatang.

Sedangkan penetapan daerah pemilihan untuk DPR RI, DPRD provinsi/kabupaten/kota dilaksanakan, 22 Maret sampai dengan 6 April 2018. Untuk penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), 17 Mei sampai dengan 16 Juni 2018. Terakhir, penetapan dan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di kabupaten/kota, tanggal 15 sampai dengan 21 Agustus 2018.

Daftar pemilih ini, berlaku untuk Pemilu legislatif, DPD RI dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Karena, Pemilu legislatif, DPD RI dan Pilpres dilaksanakan serentak, pada tanggal 17 April 2019. ”Kita berharap, warga dan semua pihak peduli dengan persiapan ini. Termasuk untuk pendaftaran calon pemilih itu,” sebut Wandra Fadillah.

Komisioner KPU Bintan Carnita menambahkan, syarat mutlak untuk menjadi pemilih yakni harus memiliki KTP-el, sudah diatur dalam UU Nomor 7/2017. Pada Pasal 348 point 1, pemilih wajib memiliki E-KTP dan harus terdaftar dalam DPT. ”Kita berharap agar masyarakat aktif. Kalau belum ada punya KTP-el, segera mengurus. Karena, tanpa KTP-el, akan ditolak,” tegas Carnita, yang juga dibenarkan oleh komisioner KPU Bintan lainnya.

Selain itu, KPU Bintan juga menyosialisasikan tahapan pendaftaran sampai dengan penetapan Capres/Cawapres. Sosialisasi dihadiri Kepala Kesbangpol Karya Harmawan, Kasatpol PP Insan Amin, Bawaslu, TNI, Polri, ormas, OKP dan LSM. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here