Pemilih Pemula Berperan Sukseskan Pemilu

0
33
Kepala Kesbangpol Provinsi Kepri Lamidi memerikan materi terkait Pemilu 2019 yang banyak diikuti pemilih pemula. F-lisa/Mahasiswa Magang Tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB, Provinsi Kepulauan Riau menggelar pelatihan pembekalan terhadap pemilih pemula dan muda menyonsong Pemilu 2019, Jumat(30/11), di Hotel Pelangi.

Adapun peserta dalam pelatihan ini berasal dari mahasiswi Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik (Stisipol) Raja Ali Haji.

Menurut Kepala Badan Kesbang Pol Provinsi Kepri Kepri Lamidi, peran pemuda sangat penting dalam pemilu karena dalam Pemilu 2019 karena lebih dari 50 persen adalah pemilih melenial yang diharapkan jadi pemilih cerdas.

Ketua Panitia, Sandrawati menyampaikan tujuan acara ini dalam rangka memperkuat perempuan di Kepri sebagai pendorong peningkatan kualitas hidup perempuan. Diperkirakan pemilih pemula pada April 2019 yang berusia 17 tahun lebih meningkat sekitar 7 juta jiwa.

Menurut Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) pemilih pemula dan muda lebih dari 50 persen yang dikategorisasikan berdasarkan usia 35 th berkisar 79 juta jiwa dan usia 40 tahun berkisar Rp100 juta jiwa.

”Hal ini yang mendorong kita merasa perlu untuk melakukan pelatihan peningkatan kapasitas bagi pemilih pemula dan pemuda,” kata Sandrawati saat diwawancarai.

Pemateri dalam kegiatan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Misni, anggota KPU Kepri Widyono Agung, Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendi Ali.

Sendrawati berharap kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan keterwakilan perempuan di parlemen agar perempuan dapat menjadi pemilih cerdas. (Lisa dan Heilla)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here