Pemilih Perempuan Lebih Banyak

0
290
Komisioner KPU Tanjungpinang Susanty menyerahkan berita acara DPTHP-2 kepada Ketua Bawaslu Tanjungpinang Zaini. f-istimewa/ humas kpu tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Pemilih di Tanjungpinang mencapai 151.072 jiwa. Mereka adalah pemilih dari kalangan perempuan mencapai 76.469 jiwa, dan laki-laki hanya mencapai 74.603 jiwa.

”Alhamdulillah, kita sudah tetapkan di rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) Pemilu tahun 2019 di Hotel Aston pada hari Jumat lalu,” kata Devisi Program dan Data KPU Kota Tanjungpinang, M Hafidz Diwa Prayoga kepada Tanjungpinang Pos, Senin (10/12).

Dari empat kecamatan se-Kota Tanjungpinang, Kecamatan Tanjungpinang Timur sebagai daerah yang banyak jumlah pemilih pada Pemilu serentak pada tahun 2019. Pemilih yang tinggal di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur mencapai 58.886 jiwa.

Kemudian, disusul dengan Kecamatan Bukit Bestari yang memiliki pemilih 40.268 jiwa. Sedangkan di wilayah Tanjungpinang Barat, jumlah pemilihnya hanya mencapai 36.207 jiwa.

Di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Kota jumlah pemilihnya sedikit, yang hanya memiliki 15.731 jiwa.

Memang, kata Yoga, jumlah DPTHP-2 perbaikan mengalami pengurangan dibandingkan DPTHP-2 yang sudah pernah ditetapkan sebanyak 151.213 jiwa. Ada beberapa faktor terjadi pengurangan pemilih menjelang penetapan DPTHP-2 perbaikan.

Faktor yang menyebabkan pemilih dicoret oleh petugas, yakni pemilih yang sudah meninggal dunia, ditemukan data ganda, pindah domisili dari Kota Tanjungpinang ke daerah lain hingga ke luar negeri, dan pindah pilih.

”Yang kita coret kemarin sebanyak 774 orang. Semuanya tidak memenuhi syarat (TMS). Ada yang kita coret. Ada juga yang kita masukkan ke dalam DPT,” ucap dia.

Meskipun sudah ditetapkan, ia berjanji, akan tetap mengawal terus terhadap perkembangan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Tanjungpinang. Agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak yang bakal berlangsung pada 17 April 2019 nanti.

”Jadi yang punya hak pilih harus memilih,” ujarnya lebih jauh. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here