Pemilihan Cawagub Bakal Mandek

0
696
Sirajuddin Nur

TANJUNGPINANG – Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Kepri bakal mandek. Akar persoalannya, salah satu Cawagub yakni Agus Wibowo belum mendapatkan rekomendasi dari empat parpol pengusung Sanur. Sementara PKB, salah satu parpol pengusung Sanur tetap bersikukuh tidak mendukung Agus Wibowo bahwa sudah menggugat putusan Gubernur Kepri di ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang.

Pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Kepri, Sirajuddin Nur, menuturkan, pihaknya saat ini masih tetap pendirian tidak mau memberikan dukungan terhadap calon wakil Gubernur (Cawagub) Agus Wibowo. Bahkan PKB sampai saat ini belum mencabut gugatan terhadap Gubernur Nurdin Basirun di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang tentang Penyampaian Usulan Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau, sisa masa jabatan tahun 2016/2021 tertanggal 23 Febuari 2017. ”Yang jelas aturan Undang-undang dan Tatib, nama-nama yang diajukan gubernur harus mendapat persetujuan seluruh partai pengusung,” tegas Sirajuddin kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (3/9).

Baca Juga :  Tarif Listrik Bakal Naik

Sampai hari ini, ia menyampaikan, masing-masing partai yang mendukung pemenangan Sanur (Sani-Nurdin) belum ada yang sepakat mengusulkan Isdianto-Agus Wibowo (AW). ”Kalau AW mau maju terus, silahkan urus rekomendasi persetujuan ke partai-partai lain. Jika tidak tetap tidak bisa dimajukan. Lima partai harus sepakat mendatangani dua nama,” jelasnya.

Pria yang juga Wakil Ketua Pansus Cawagub ini, tak mau berkomentar terlalu jauh terkait masalah tata tertib administrasi pemilihan Cawagub ini. Ia berharap, secepatnya masing-masing pimpinan partai menentukan sikap, duduk bersama dan menentukan siapa calon yang bakal di usulkan nanti. ”Sejauh ini belum duduk bersama, membahas masalah ini,” tegasnya.

Baca Juga :  Diresmikan Gubernur, SMAN 5 Karimun Segera Terima 300 Siswa Baru

Belum lama ini, Isdianto kepada awak media mengaku dirinya sudah mendapatkan rekomendasi dari lima Partai Politik (Parpol) pengusung pasangan Sani-Nurdin pada Pilkada 2015 lalu. Kelima Parpol tersebut yakni, Partai Demokrat, Gerindra, PPP, PKB dan Nasdem. ”Alhamdulillah, dari kelima partai pengusung merekom nama saya. Dari DPP ya, bukan DPD. Jadi tidak ada masalah,” ungkapnya singkat

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur, Hotman Hutapea menyampaikan, saat ini pihaknya bergerak cepat menyiapkan berbagai infrastruktur pemilihan mulai dari ruangan, formulir isian kelengkapan, surat menyurat hingga hal-hal yang sepele seperti papan informasi. Saat ini, peraturan tatib yang sudah disahkan Senin lalu sudah dibawa ke Kemendagri. Hotman memprediksi berkas tersebut selesai dalam seminggu ini. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here