Pemilik Mobil Tak Manfaatkan KIR Online

0
581
Pegawai Dishub menyerahkan urin untuk diperiksa petugas BNN beberapa waktu lalu.f-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Dinas Perhubungan (Dishub) Batam, sudah menyediakan pendaftaran Kir online sejak tahun 2017. Walau sudah berjalan, namun hingga saat ini, pemilik mobil angkutan di Batam, belum ada yang memanfaatkan. Mereka masih lebih memilih menggunakan sistem manual. Sementara untuk pembayaran Kir, diakui sudah berjalan secara non tunai.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Batam, Yusfa Hendri, Senin (8/1) di Batam. ”Kir online sudah bisa sebenarnya pendaftarnya. Tapi belum ada yag menggunakan, itu masalahnya. Tidak tahu kenapa, tapi ini kita sikapi untuk tahun ini,” kata Yusfa.

Demikian, diakui pihaknya menyiapkan aplikasi untuk memudahkan pendaftaran Kir secara online. Dimana, pendaftaran Kir online sekarang masih berbasis websitus. Tahun ini disiapkan berbasis aplikasi untuk bisa digunakan langsung dari smartphone. Sehingga lebih memudahkan pemilik angkutan yang ingin mendaftar secara online.

Baca Juga :  Nurdin Resmikan Kantor KPJ Cabang Batam

”Sekarang, orang itu masih lebih suka datang langsung untuk mendaftarkan Kir. Mungkin karena sekarang, bisa mendaftar lewat online, tapi harus masuk ke web. Makanya kita akan buat aplikasinya jadi tidak ke webnya,” sambungnya.

Walau pendaftaran Kir online belum dimanfaatkan pemilik kendaraan di Batam, namun diakui untuk pembayaran sudah non tunai. ”Kalau yang non tunai sudah jalan. Jadi mereka datang mengurus manual dan membayar non tunai sekarang,” sambungnya.

Terkait jumlah kendaraan Kir tahun 2017, Yusfa mengaku lupa, karena data masih disiapkan. “Data yang mengurus Kir, ada di kantor, tidak saya bawa. Besok saja,” kata Yusfa di kantor Wali Kota, Batamcenter.

Baca Juga :  Kapolda Ingatkan Jangan Mudah Diadu Domba

Dishub Batam sendiri menyiapkan pendaftaran Kir online dan pembayaran nontunai tahun lalu, untuk efisiensi, efektif dan mengurangi potensi pungli dengan sistem online. ”Selain melanjutkan program yang sudah berjalan saat ini, kita akan melakukan KIR online. Kita akan masukkan dalam rensra SKPD untuk program kedepan,” ujar Yusfa tahun lalu.

Diakui, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan insan perhubungan, seperti Organda dan pihak-pihak terkait dengan KIR. Sehingga dalam penerapannya bisa berjalan dengan baik. ”KIR online ini salah satu program prioritasnya dalam waktu dekat ini,” sambungnya.

Baca Juga :  Bantu Pariwisata Lewat Medsos

KIR online ini diakui, akan menjadi bagian program Rudi dan Amsakar Achmad, dalam penerapan sistem pelayanan online. Sehigga memudahkan masyarakat membayarkan kewajiban kepada pemerintah. ”Ini bagian komitmen Pemko Batam untuk melaksanakan pengelolaan pemerintah berbasis IT. Dari Dishub, yang pertama kita lakukan, KIR online,” ulangnya.

Sementara Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, KIR online sangat baik. Namun selain KIR, diminta untuk Dishub baru, memberikan perhatikan terhadap parkir di Batam. Tahun lalu, sudah direncanakan penerapan sistem parkir elektronik atau e-parkir. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here