Pemilu 2019 Menentukan Nasib Kepri

0
176
SEJUMLAH pejabat dan pihak KPU Anambas ketika melaksanakan pemusnahan bahan logistik sisa Pemilu 2014. f-Indra Gunawan/tanjungpinang pos
Guru Besar Fakultas Ekonomi Univeritas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Harry Azhar Azis mengatakan Pemilu 2019 sangat menentukan bagi Indonesia dan Kepulauan Riau khususnya.

TANJUNGPINANG – Oleh karena itu rakyat harus memilih wakil rakyat yang berkompeten untuk memperjuangkan aspirasi rakyat ketika mereka terpilih duduk di DPR maupun DPRD.

”Karena rakyat menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada wakil rakyat untuk mengelola negara ini dan daerah melalui presiden dan anggota DPR dan DPRD. Di tangan mereka apakah anggaran yang mereka alokasikan pro kepada kesejahtreraan rakyat atau tidak,” ujar Harry belum lama ini di Tanjungpinang.

Menurut Harry, harusnya setiap anggaran yang dialokasikan di DPRD kabupaten kota dan provinsi harus bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

”Sebelum penganggaran harus dibuatkan analisisnya. Misalnya Rp1 miliar dialokasikan untuk modal usaha, apakah bisa mengurangi kemiskinan yang terjadi di desa atau titik tertentu,” kata Harry.

Jadi selama pemerintahan lima tahun harus ada perubahan ke arah perbaikan. Jangan sampai yang terjadi sebaliknya terjadi penurunan kesejahteraan.

”Kalau terjadi misalnya kemiskinan warga bertambah, maka pemimpin tersebut dianggap gagal karena tak mampu mengurangi kemiskinan ketika menjadi pemimpin,” ujar Harry.

Saat ini anggaran APBN terus mengalami kenaikan. Begitu juga dengan di daerah tetap mengalami kenaikan per tahun. Harusnya dengan adanya kenaikan APBD maupun APBN, kesejahteraan masyarakat juga naik. (PATRIA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here