Pemilu Usai, Honor Linmas Belum Dibayar

0
238
HONOR petugas Linmas di Pemko Tanjungpinang belum dibayar. Padahal mereka sudah selesai bertugas sebulan yang lalu saat pemilu 17 April. f-istimewa
Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 telah usai. Hasil perhitungan perolehan suara peserta Pemilu 2019 di tingkat Provinsi Kepri sudah disampaikan di tingkat nasional. Tapi, sampai detik ini honor anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) belum dibayar oleh pemerintah daerah Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Padahal, mereka sudah menjalankan amanah dan tugasnya sebagai anggota Linmas pada Pemilu 2019 ini. Ada anggota Linmas yang jaga di Kantor Kelurahan dan Kecamatan. ”Honor kami belum dibayar,” kata anggota Linmas enggan dituliskan namanya di surat kabar Tanjungpinang Pos, Jumat (17/5).

Pria ini merasa capek dan bosan untuk tanya honor kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Penanggulangan Kebakaran Kota Tanjungpinang. Karena, setiap ditanya belum. Alasannya, ada salah satu anggota Linmas belum menyerahkan buku rekening kepada Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Kota Tanjungpinang.

”Tapi, mengapa kami jadi korbannya,” ucap dia sambil menunjukkan raut wajah kesal. Walaupun sudah jaga Kantor Kelurahan dan KPU Kota Tanjungpinang selama 10 hari sejak Pemilu 2019 berlangsung, ia tidak tahu akan terima honor sebagai anggota Linmas dari Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Kota Tanjungpinang.

”Tak tahu berapa honornya. Biarkan sajalah. Ditransfer syukur. Tak ditransfer ikhlas kan sajalah,” terang dia.

Kalau Pemilihan Walikota (Pilwako) Tanjungpinang 2018 lalu, ia menerima honor sebesar Rp750 ribu. Saat itu, ia bertugas selama 10 hari. ”Alhamdulillah sudah dibayar honor. Honor Pilwako tidak ada masalah. Kalau di pileg dan pilpres, entah kapan mau dibayar honornya,” sebut dia.

Ada 130 anggota Linmas yang bertugas di dua kantor selama pileg dan pilpres ini. Baik itu di 18 kelurahan dan 4 kecamatan. Sebanyak 90 anggota Linmas di tempat hingga menjaga keamanan di Kantor Kelurahan se-Kota Tanjungpinang.

Setiap Kantor Kelurahan ditempatkan lima anggota Linmas. 40 Anggota Linmas lagi, akan berjaga dan mengamankan empat kantor kecamatan se-Kota Tanjungpinang. Setiap kantor kecamatan dijaga sebanyak 10 anggota Linmas.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Kota Tanjungpinang, Hantoni mengatakan, sebenarnya tidak ada kendala terhadap pembayaran honor anggota Linmas. Sebab, berkas untuk membayar honor Linmas sudah diteken. ”Insyaallah, kalau tidak ada masalah hari Senin dibayar honor anggota Linmas ke nomor rekening masing-masing,” kata Hantoni.

Saat ini, transaksi pembayaran sudah sistem nontunai. Jadi, perlu nomor rekening anggota Linmas masing-masing. ”Alhamdulillah, permasalahan itu sudah clear semua. Tidak ada masalah,” terang dia.

Hanya saja, ia tidak tahu besaran honor yang akan dibayar ke anggota Linmas. ”Jumlahnya tak tahu. Saya hanya meneruskan,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here