Pemkab Ajak Balai Konservasi Tangani Buaya

0
1123
WARGA beramai-ramai menonton buaya muara yang yang berhasil ditangkap. f-DOKUMENTASI/TANJUNGPINANG POS

Untuk menanggulangi keganasan buaya muara di beberapa tempat di Kabupaten Lingga, Pemerintah Kabupaten Lingga akan menjalin kerjasama dengan Balai Konservasi Hewan di Batam.

LINGGA – Wakil Bupati Lingga M Nizar sudah menyatakan dukungannya, dengan menandatangani surat untuk dikirim balai konservasi tersebut. Hal ini dikatakan Camat Lingga Yulius, sebagai bentuk upaya menyikapi keresahan masyarakat Pulau Mepar setelah salah seorang warga dimangsa buaya beberapa waktu lalu.

”Kami sudah membicarakan masalah ini ke Pemkab Lingga, dan Alhamdulillah surat untuk yang akan di kirim ke Balai Besar Konservasi Batam sudah di tanda tangani Wakil Bupati Lingga dan untuk diteruskan ke tempat tujuan,” kata Yulius, kemarin.

Yulius menjelaskan, dalam surat yang dikirimkan tersebut ada beberapa titik yang dianggap rawan akan serangan buaya ganas. Seperti diantaranya, Sungai Setajam, Sungai Malar, Sungai Kelumu, Sungai Marok, Sungai Daik serta Pulau Mepar.

”Untuk daerah tersebut sudah ada yang menjadi korban keganasan buaya. Mudah-mudahan permintaan kerjasama dari Pemkab Lingga ke Balai Konservasi Bagam menuaikan hasil. Saat ini, masyarakat Mepar masih trauma atas serangan buaya yang menimpa salah satu warga, kemarin,” terang Yulius.

Yulius memaparkan, sejak kejadian korban penerkaman buaya di Pulau Mepar Kecamatan Lingga saat ini disekitar rumah korban kerap didatangi buaya. Hal ini membuat warga berisiatif memancing buaya tersebut. ”Warga sudah resah akibat ancaman buaya ini. Aktivitas masyakat menjadi terganggu karena nyawa terancam,” sebutnya.

Pemancingan buaya ini tidak hanya melibatkan masyarakat setempat, pemancingan juga dilakukan oleh rombongan pemancing buaya dari daerah lain. ”Saya bersama pemancing buaya sudah dua malam memancing buaya di tepi rumah korban dan Pelabuhan Pulau Mepar. Meski belum membuahkan hasil, tapi antusias masyarakat Mepar terlihat,” imbuhnya. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here