Pemkab Ajukan LTS ke Pemprov Kepri

0
222
DERETAN mesin pembangkit milik PLN yang memasok daya listrik untuk Karimun belum menjangkau wilayah pulau. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Pihak DPRD Karimun meminta Pemerintah Daerah mengajukan pengadaan pelayanan Listrik Tenaga Surya (LTS) ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat di wilayah pulau.

KARIMUN – PERMINTAAN itu bukantanpa alasan. Karena sampai saat ini masih terdapat pemukiman warga di wilayah pulau yang hidup tanpa listrik. Sehingga, perlu adanya pelayanan PLT dan seluruh masyarakat dapat menikmati listrik bantuan dari pemerintah.

”Senin kemarin kami turun ke Desa Degung, di sana ditemukan ada rumah yang belum dialiri listrik. Selain karena faktor ekonomi keluarga, dan ketidaktersediaan sarana listrik milik PLN. Membuat mereka menggunakan lampu teplok sebagai penerangan di malam hari,” kata Zai Zulfikr, anggota DPRD Karimun, Selasa (10/4) kemarin.

Temuan ini menjadi catatan penting bagi Panitia khusus (Pansus) LKPJ Bupati Karimun tahun 2017. Beberapa kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBD Karimun, telah berjalan dengan baik meskipun masih ada beberapa sektor yang harus dibenahi. Sehingga, hasil pembangunan dapat langsung dirasakan masyarakat.

Harapan pemilik rumah kepada Pemkab, rumah yang mereka tempati mendapat penerangan lampu listrik seperti LTS di desa lain. Penerapan LTS sangat berguna memenuhi keperluan listrik masyarakat desa.

Dengan menempatkan satu orang teknisi, untuk memberikan pengarahan tata cara perawatannya. Tidak hanya itu, pembangunan jalan menuju sekolah harus dibenahi.

Minimal semenisasi, sehingga anak anak sekolah ketika musim hujan tidak harus menghindari jalan tanah, licin dan terkena air dari rumput. ”Ini harus dibenahi, lanjut Zai, dengan LTS juga akan memperbaiki kualitas pendidikan di pedesaan,” tambah Zai Zulfikar
Untuk di pulau lainnya, perlu diperhatikan ketersedian bus sekolah.

Sehingga anak anak tidak lagi harus berjalan kaki, ketika pergi dan pulang sekolah. ”Termasuk sarana dan prasarana sekolah lainnya, perlu dibenahi walaupun dengan bertahap,” kata Zail Zulfikar.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here