Pemkab Akan Bangun Pelabuhan Internasional

0
614
SANDAR: Kapal Tol Laut saat sandar di Pelabuhan Jagoh. Pemkab akan bangun pelabuhan internasional di Dabo Singkep. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Lingga – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lingga, berencana akan membangun Pelabuhan Internasional di kawasan Tanjung Buku, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan.

Pembangunan pelabuhan ini diperlukan, mengingat Pelabuhan Dabo Singkep yang berada di Kecamatan Singkep dinilai tidak representatif untuk dijadikan pelabuhan bongkar muat. Kondisi laut di Pelabuhan Dabo juga mengalami pendangkalan.

”Kami merencanakan akan membangun membangunan pelabuhan bongkar muat di Tanjung Buku, Singkep Selatan. Kondisi laut di daerah ini sangat memungkinkan untuk dibangun pelabuhan bertaraf internasional,” kata Bupati Lingga Alias Wello, kemarin.

Dikatakan, untuk mendukung pembangunan pelabuhan tersebut, Pemkab Lingga akan melakukan revisi Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2018, mendatang.

Pada RTRW yang saat ini berlaku memang kawasan tersebut tidak diperuntukan untuk pembangunan pelabuhan berskala internasional.

”Sesuai aturan RTRW Lingga yang disahkan tahun 2014 lalu dapat direvisi setelah lima tahun. Tahun ini kami akan buat DED pembangunan jalan menuju Tanjung Buku untuk sebagai fasilitas penunjang pembangunan pelabuhan tersebut,” kata pria yang akrab disapa Awe ini.

Pelabuhan Tanjung Buku, nantinya akan menjadi pelabuhan utama hasil pertanian dan perikanan dari Kabupaten Lingga. Dipelabuhan ini juga akan dilengkapi fasilitas lain yang mendukung.

”Kami akan meminta dukungan anggaran pusat untuk mewujudkannya,” tegasnya.(Tengku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here