Pemkab Akan Kaji Pembangunan TPI

0
506
WARGA saat memilih ikan di salah satu lapak pedagang Pasar Ikan Siantan. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas baru akan memikirkan untuk membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI), untuk mengatur harga ikan di Pasar Anambas dapat dikendalikan.

ANAMBAS – Selain itu, juga ada kontribusi untuk daerah melalui retribusi. Kepala Bidang Pelelangan Ikan Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Febriosa menjelaskan, untuk realisasi TPI tersebut kemungkinan tahun 2019 mendatang.
”Tidak bisa dikejar di perubahan APBD tahun ini,” ungkapnya, kemarin.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan TPI di Anambas itu tidak gampang karena harus melalui kajian teknis dari tim ahli dalam bidang tersebut. Supaya keberadaan TPI yang dibangun, ke depannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. ”Kajian ini fungsinya sangat mendasar dan harus dilakukan,” jelasnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Tampilkan Kesenian Hadrah di FPM-V

Tanpa kajian dulu, pemerintah daerah belum bisa menetapkan lokasi TPI dan semuanya ditentukan oleh tim ahli tersebut. Bukan hanya penentuan lokasi saja, namun layak atau tidaknya dibangun tpi juga dari hasil kajian. ”Semua tergantung tim ahli, kalau layak untuk dibangun itu baru bisa ditentukan lokasi tapi, bisa jadi tim menyatakan tidak layak untuk dibangun TPI karena belum saatnya,” ungkapnya lagi.

Diketahui, selama ini tidak ada TPI di Anambas. Sehingga, nelayan yang baru saja pulang melaut langsung menjual ikan hasil tangkapan kepada penampung. Kemudian, penampung ikan baru mengecer di Pasar Ikan Siantan. Hal itu sudah berjalan lama sekali, dan jika ada TPI nantinya tentu harga ikan akan semakin terkontrol. (INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here