Pemkab Akan Menata Kampung Cina

0
1075
HANGUS: Warga Kampung Cina, Daik saat berusaha memadamkan sisa api yang menghanguskan Kampung Cina, belum lama ini.F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lingga wacanakan untuk melakukan penataan ulang rekonstruksi bangunan Pasar Daik, Kampung Cina. Belum lama ini, Kampung Cina Daik rata dilalap si jago merah.

Untuk itu, ke depannya Pemkab akan menata kembali pembangunan di lokasi tersebut setelah dilanda bencana kebakaran hebat. Rencananya, Pemkab akan menggandeng pihak ketiga untuk mewujudkan wacana penataan Kampung Cina.

Rekonstruksi yang dimaksud adalah untuk menata kembali lokasi pasar baik dari segi bangunan dan penghijauan.

”Nantinya, untuk pembangunan ulang di pasar itu akan digunakan pihak ketiga. Tetapi ini baru rencana pak Bupati, dan tidak dibangun sendiri-sendiri oleh korban,” kata Nurmadiah, Kepala Dinsos-P3A Lingga, kemarin.

Baca Juga :  Kepsek Pertanyakan Solar Cell yang Tak Hidup

Nurmadiah menjelaskan, penataan kembali pasar ini akan digesa pemerintah daerah untuk menghidupkan kembali sentra ekonomi di ibu kota Kabupaten Lingga ini.

Sehingga, para pemilik bangunan yang terbakar tentunya akan dilibatkan untuk mencapai kesepakatan dari pembangunan yang akan dilakukan.

”Penataan juga akan sesuai ketentuan yang berlaku. Tentunya pemilik bangunan yang terbakar kemarin tetap kita libatkan,” sebut Nurmadiah.

Meski begitu, Kadinsos P3A Lingga belum bisa memastikan kapan penataan ulang pembangunan pasar akan dilakukan.

Menurutnya, pihaknya akan terlebih dahulu meminta persetujuan dari pemilik lahan yang menjadi korban kebakaran.

Baca Juga :  Lingga Revisi Perda RTRW

”Ini masih sebatas wacana. Nanti kalau memang benar-benar warga korban tadi setuju dan sepakat, baru kita lalui beberapa mekanisme salah satunya penandatangan MoU,” terang dia.

Untuk dana rekonstruksi, dirinya tidak bisa memastikan. Namun, Pemkab telah memiliki dana untuk pasca bencana ini yang terinci di dalam APBD.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here