Pemkab Alokasikan Rp 1,62 M untuk Kube

0
491
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Kabag Kominfo Setdakab Bintan Aufa Saumake memasuki istana Presiden RI, sebelum pelantikan Wagub Kepri Isdianto, di Jakarta, Selasa (27/3) pagi kemarin.f-istimewa/kominfo bintan

BINTAN – PEMKAB Bintan segera mengalokasikan dana sekitar Rp 1,62 miliar, di tahun anggaran 2018 ini. Dana tersebut ditujukan kepada Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Bintan.

”Kita selalu memperhatikan pengembangan usaha kecil milik masyarakat. Terutama usaha yang dijalankan Kube. Tujuannya, agar ada pemerataan usaha dan pendapatan masyarakat Bintan. Justru itu, tahun ini kita alokasikan Rp 1,62 miliar, bantuan untuk Kube,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan saat dihubungi, Selasa (27/3) kemarin.

Dalam pengalokasian bantuan Kube ini, H Apri Sujadi menegaskan, Pemkab Bintan akan menata kembali para pelaku Kube maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang ada di Bintan. Tujuannya untuk sinkronisasi data yang diperlukan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia, agar para pelaku usaha bisa menerima penyebaran penerima manfaat.

Baca Juga :  1 Oktober, Bandara Tambelan Buka Lowongan

Penataan pelaku usaha itu, lanjut bupati, akan dilakukan oleh Dinas Sosial Bintan dan Dinas Koperasi Usaha Mokro dan Perindag Bintan. Sehingga, jumlah pelaku usaha di daerah Bintan sinkron dengan data di pusat.

”Selain itu, pendataan ini juga bertujuan untuk mengecek, Kube dan UMKM mana saja yang aktif, dan mana yang tidak jelas. Bagi yang aktif kita dorong, agar mendapatkan bantuan manfaat yang lebih besar lagi,” terang H Apri Sujadi.

”Dengan demikian, pelaku UMKM dan Kube di Bintan akan maju. Penghasilan warga Bintan pun bisa meningkat. Tentunya mendorong pertumbuhan ekonomi Bintan juga,” sambung H Apri Sujadi, yang menghadiri pelantikan Wakil Gubernur Kepri Isdianto, di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga :  Pendaftaran IBM Dibuka, BRC Targetkan 5 Ribu Peserta

Bupati berharap agar pelaku usaha rumah tangga dan Kube di Bintan terus meningkatkan usahanya, agar bantuan tepat sasaran. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan Naharuddin menyebutkan, alokasi bantuan untuk Kube itu senilai Rp 1,62 miliar. Dana ini ditujukan kepada 78 Kube, di tahun anggaran 2018 ini. Menurut Naharuddin, bantuan Kube tersebut berasal dari berbagai sumber.

”Ada juga melalui dukungan dana dekonsentrasi APBN. San sisanya menggunakan anggaran Pemkab Bintan, dari APBD kabupaten,” sebut Naharuddin.

Dari 78 Kube penerima manfaat di Kabupaten Bintan, lanjut Naharuddin, 55 Kube akan menerima dana sebesar Rp 20 juta per kelompok, untuk kube yang memperoleh dukungan dana dekonsentrasi. ”Bantuan sebesar Rp 20 juta tersebut, digunakan sebagai penunjang pengembangan usaha masyarakat di daerah,” ujarnya.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here