Pemkab Anambas Beri Beasiswa untuk 20 Mahasiswa

0
368
BUPATI Anambas Abdul Haris menyaksikan penandatangan kontrak bagi mahasiswa yang lulus seleksi di ruang rapat kantor Bupati Anambas. F-istimewa

ANAMBAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) memberikan beasiswa secara penuh kepada sebanyak 20 orang pelajar yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Para pelajar ini kuliah di dua kampus di Batam yakni 10 orang di STIT Hidayatullah dan 10 orang di Kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP).

Bupati Anambas Abdul Haris, SH mengatakan, penerima beasiswa ini berasal dari desa dan kecamatan yang ada di daerah ini.

”Pembiayaannya dari mulai uang SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan), biaya pemondokan sampai dengan uang saku keseluruhannya ditanggung oleh pemerintah,” ungkap Abdul Haris, Minggu (28/7).

Ia menyebutkan, untuk yang kuliah di STIT Hidayatullah SPP dan pemondokannya dikirim langsung ke kampus, hanya uang saku yang dikirim ke mahasiswa.

Sedangkan di BTP hanya SPP yang dikirim ke kampus, sedangkan biaya pemondokan dan uang saku dikirim ke mahasiswa itu sendiri.

”Biaya mahasiswa tersebut per orangnya sebesar Rp23 juta per tahunnya,” tuturnya.

Mereka yang terpilih ini, lanjut dia, merupakan hasil seleksi yang dilakukan di sekolah-sekolah yang ada. Peserta awal ada 60 orang, saat seleksi tinggalah 20 orang.

Ia menegaskan kepada para orangtua tentu bangga dengan keberhasilan ini. Untuk itu anak-anak haruslah kuliah dengan benar sehingga dapat membanggakan orangtua.

”Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena sangat langka,” jelasnya.

Ia menyampaikan, pemerintah saat ini berkonsentrasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Anambas. Beasiswa yang diberikan tidak seluruhnya kepada semua pelajar, hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran.

”Saya minta kepada orangtua dapat berperan aktif untuk mendukung dan mendorong anak-anaknya agar berhasil menyelesaikan pendidikan,” tutupnya.

Bantuan pendidikan untuk meningkatkan SDM di Anambas, ke depan mereka bisa kembali ke daerahnya dan turut membangun Anambas yang memang berlimpah sumber daya laut hingga sektor pariwisatanya.

Mahasiswa juga diminta harus menjaga nama baik Anambas di rantau. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here