Pemkab Anambas Biayai Kuliah 13 Anak Daerah

0
306
WAKIL Bupati Anambas Wan Zuhendra foto bersama mahasiswa dan orangtua yang dibiayai kuliahnya, belum lama ini. f-istimewa

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauam Anambas (KKA) terus mengembangkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakatnya. Sehingga ke depan, makin banyak SDM handal yang bisa memajukan daerah itu. Karena itu, Pemkab mengirim sejumlah anak asli Anambas yang telah lulus seleksi oleh suatu universitas untuk menuntut ilmu di bidang pendidikan kedokteran, bidang pariwisata dan pendidikan guru agama.

”Kemarin kita sudah melepaskan 13 anak untuk disekolahkan di sejumlah universitas. Biaya kuliah ditanggung oleh Pemda hingga lulus,” ujar Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris ketika ditemui, Selasa (14/8).

Menurutnya, pelepasan sejumlah mahasiswa itu dilakukan pada hari, Senin (13/8) lalu di rumah kediaman dinas bupati dan sekaligus memberikan motivasi kepada sejumlah siswa yang disekolahkan itu. Untuk mendapatkan kategori tersebut, tentu melalui proses seleksi yang dilakukan oleh masing-masing universitas. Diantaranya, 3 siswa di bidang kedokteran di Universitas Riau, 5 siswa lainnya di bidang agama di Universitas STIT Hidayatullah Kota Batam dan 5 siswanya lagi di bidang pariwisata.

”Perlu diketahui kita sudah sekolahkan juga satu orang siswa bidang kedokteran tahun 2017 lalu. Awalnya tiga orang yang disediakan, tapi hanya satu orang yang lulus seleksi. Tidak bisa juga kalau tidak diseleksi,” ujar Haris.

Hal ini, katanya, hanya untuk mempersiapkan SDM bagi Anambas agar para siswa yang telah lulus nanti seperti di bidang kedokteran dapat melaksanakan tugas dan fungsinya di Anambas. Ia juga tidak ingin mereka yang sudah disekolahkan dengan menggunakan anggaran daerah Anambas, pengabdiannya nanti di daerah lain pula. ”Bagi siswa yang disekolahkan tersebut untuk kepentingan daerah dan tidak mungkin pula mereka mengajukan pindah ke tempat lain jika sudah lulus. Mereka harus mengabdi di daerah Anambas nanti,” jelas dia.

Ia menambahkan, hari ini pihaknya sudah menugaskan beberapa dokter yang bertugas di puskesmas kecamatan dan ia sudah menandatangani Surat Keputusannya (SK). Haris juga berharap kepada seluruh kepala puskesmas agar dapat bekerja secara maksimal dalam melakukan pemantauan setiap keluhan dari masyarakat.

Jika bisa ditangani di puskesmas jangan dibiasakan dilakukan rujukan. ”Kita juga sudah tandatangani SK untuk sejumlah dokter yang bertugas di puskesmas. Kami harapkan semua dokter yang ditugaskan dalam melaksanakan tugasnya secara maksimal,” pungkasnya.

Adapun penerima beasiswa penuh dari Pemkab Anambas yakni, lima orang di Batam Tourism Polytechnic yaitu Siska Rizky Catur, Fayun Wahyuti, Megawati, Safrizal dan Fenti Dwi Septika. Tiga orang di Universitas Riau yakni Halimah Satuldaniah, M Fajar dan Tri Agnes Rianti. Lima orang di STIT Hidayatullah Batam yakni Tomi ALi, Ferda Agustina, Syahwani, Fitriani dan Nadila. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here