Pemkab Bangun Asrama Mahasiswa

0
106
Bupati Karimun Aunur Rafiq saat mengunjungi asrama mahasiswa Karimun di Yogyakarta dan sekaligus mengukuhkan pengurus IMK Yogyakarta, Sabtu (16/3). f-istimewa

Bupati Karimun Aunur Rafiq Kukuhkan Pengurus IMK Yogyakarta

Sebagai bentuk dukungan Pemkab Karimun kepada mahasiswa daerah yang kuliah di luar Karimun, pemerintah daerah membangun sejumlah asrama mahasiswa termasuk memberikan beasiswa.

Yogyakarta – BUPATI Karimun Aunur Rafiq mengatakan, Pemkab Karimun fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di Karimun. Anggaran untuk sektor pendidikan terus diperhatikan sesuai dengan undang-undang yang mengamanatkan 20 persen minimal. Anggaran ini selalu dipenuhi.

Kepada mahasisw Karimun yang kuliah di luar daerah jangan terlena dan jangan terbawa arus perkotaan. Ia meminta agar mahasiswa fokus dengan tujuan utamanya yakni kuliah dan bisa cepat lulus.

Hal itu disampaikan Aunir saat mengukuhkan pengurusan Ikatan Mahasiswa Karimun (IMK) di Yogyakarta, Sabtu (16/3). Selain mengukuhkan pengurus tersebut, bupati juga mengunjungi asrama mahasiswa di sana.

”Semoga dengan kepengurusan baru, dapat semakin baik ke depan. Dan semua mahasiswa/i yang menuntut imu di Yogyakarta berhasil lulus dengan baik sesuai dengan harapan orangtua di Karimun. Dan langsung bekerja setelah tamat kuliah, baik bekerja sebagai pegawai dan swasta,” kata Aunur Rafiq berharap.

Ia mendorong lulusan mahasiswa/i nantinya memiliki jiwa usaha (entrepreneur) sesuai dengan disiplin ilmu yang dituntut atau dipelajari semasa kuliah. Jika ada kesempatan untuk seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (ASN), bisa diikuti dan ia berharap bisa lolos.

Kata bupati, menjadi penerus pembangunan Karimun, tidak melulu harus menjadi pegawai negeri sipil. Termasuk dengan menjadi pengusaha atau bekerja di perusahaan, juga sudah bagian dari membangun Karimun.

Ia yakin, nantinya Karimun dapat semakin maju di tangan anak-anak muda saat ini. Untuk itu, kawula muda diminta untuk terus membekali diri. Sebab, masa depan masih panjang dan Karimun menantikan sentuhan tangan mereka.

Pemerintah Kabupaten Karimun tetap memperhatikan mahasiswa yang menuntut ilmu di luar. Seperti di Tanjungpinang, Pekanbaru, Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Pemerintah daerah membangun asrama untuk mahasiswa. Selain menyiapkan asrama, termasuk memberikan beasiswa pada mahasiswa dan siswa yang berprestasi.

Tidak lupa ia mengingatkan pengelola asrama mahasiswa agar berlomba di bidang kebersihan asrama. Nanti diumumkan saat acara halal bihalal atau acara lainnya. Ini untuk mendidik rasa peduli kebersihan sejak masih tinggal di asrama.

Kehadiran Rafiq dan pejabat lainnya, dimanfaatkan mahasiswa untuk berdialog. Disampaikan beberapa saran untuk kemudahan mahasiswa selama kuliah di luar Karimun. Memberikan beasiswa kepada mahasiswa juga dilakukan Pemprov Kepri. Bahkan, ada mahasiswa yang S2 hingga S3 dikuliahkan dengan harapan mereka kembali ke Kepri dan membangun provinsi ini.

Jadilah Entrepeneur
Rata-rata, kepala daerah selalu mengingatkan agar mahasiswa jangan hanya terfokus mencari pegawai. Pola pikir itu harus diubah. Saatnya mahasiswa dan generasi muda untuk berpikir menjadi wirausahawan alias entrepreneur.

Mahasiswa dituntut untuk berani membuka usaha meski itu kecil. Ke depan, jika tidak pernah mencoba, maka tidak ada yang ditunggu. Harus dimulai dari sekarang.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dalam beberapa kali pertemuan dengan mahasiswa dan acara wisuda, ia selalu mendorong sarjana di Kepri untuk berwira usaha. Bukan berarti sarjana dilarang mencoba menjadi pegawai, namun fokusnya jangan ingin jadi pegawai.

Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul mengatakan, mindset orangtua dan mahasiswa tentang pegawai harus diubah. Masih banyak orangtua siswa yang menguliahkan anaknya dengan harapan kelak bisa menjadi pegawai.(ALRION-MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here