Pemkab Bangun Islamic Centre di Kundur

0
681
Islamic Centre- Bupati Karimun Aunur Rafiq meletakkan batu pertama pembangunan gedung Islamic Centre di Tanjungbatu, Kundur, Jumat lalu F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun membangun gedung Islamic Centre di Paya Togok, Kecamatan Kundur, Karimun. Pembangunannya diawali dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq pada Jumat (24/3).

”Islamic Centre menjadi pusat kajian pendidikan Islam di Pulau Kundur. Direncanakan selesai dalam jangka 4 tahun. Keterbatasan anggaran membuat pembangunan dilaksanakan dengan cara bertahap yang diawali pada tahun 2017,” kata Aunur Rafiq.

Menurutnya, dana Rp 15 Miliar untuk menyelesaikan Islamic Centre di atas lahan 3 hektar itu. Tahun ini diawali dengan dana Rp 4,5 miliar. Bangunan gedung terdiri dari Masjid, plaza jamaah, plaza qurban, gedung belajar, apartemen guru, asrama pelajar, perpustakaan dan ruang terbuka hijau.

Islamic Center akan difungsikan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan serta penyampaian informasi, komunikasi serta sarana sosial budaya Islam lainnya sebagai pengembangan ajaran Islam.

Bersamaan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung Islamic Centre, juga dilaksanakan peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Kecamatan Kundur Barat dan peresmian pukesmas Kecamatan Belat.

Dana pembangunan pasar Kundur bersumber dari dana APBN sebesar Rp 6 miliar, ditambah dengan dana Rp3,9 miliar dari APBD Kabupaten Karimun. Sementara, SPAM IKK Kundur beroperasi dengan kapasitas 10 liter per detik telah dikerjakan sejak tahun 2014 mampu melayani kebutuhan 800 unit rumah.

SPAM IKK Kundur Barat dengan kapasitas 10 liter/detik sudah dibangun tahun 2014 lalu, dapat melayani sebanyak 800 sambungan rumah atau 5.000 jiwa. Sampai hari ini baru tersambung 400 rumah.

”Pada APBD perubahan tahun 2017 akan dianggarkan Rp 20 miliar untuk perbaikan jalan di Pulau Kundur yang banyak mengalami kerusakan, tidak hanya di Pulau Kundur termasuk di Pulau Karimun, Buru, Moro dan Durai,” kata Aunur Rafiq.(yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here