Pemkab Bangun Pelabuhan Bongkar Muat

0
688
Bongkar muat: Kapal sedang bongkar muat sembako di pelabuhan Anambas.f-suhardi /tanjungpinang pos

ANAMBAS – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Anambas bakal melakukan pengembangan kota ke wilayah Selatan Anambas. Sebab, menurut hasil kajian tim kemaritiman yang mengarah ke bagian selatan Anambas untuk dibangun pelabuhan bongkar muat. ”Dari kajian yang dilakukan untuk pelabuhan bongkar muat itu, diarahkan ke wilayah bagian selatan Daerah ini,” ujar Abdul Haris, kemarin.

Ia mengungkapkan, untuk jangka panjang memang hal ini pantas dilakukan Mengingat Kota Tarempa saat ini, kondisi wilayahnya sudah semakin padat. Sedangkan, untuk di kembangkan lagi sudah agak sulit. ”Selain membangun pelabuhan bongkar muat, nantinya juga akan terjadi pengembangan wilayah,” papar Haris.

Baca Juga :  Polres Bangun Posko Keamanan di Pelabuhan

Haris mengakui, di Anambas saat ini untuk areal pelabuhan Tarempa dari sisi fasilitas memang sangat riskan. Akses jalan serta alat bongkat muat, situasinya sudah tidak memungkinkan. Menurutnya, hal itu harus dikembangkan dikarenakan memang sudah tidak ada pilihan untuk mengembangkan Tarempa yang kondisinya sempit. ”Menggunakan mobil untuk angkutan di pelabuhan tidak bisa, karena kondisi jalan saat ini bisa menjadi andalan untuk mengangkut barang,”paparnya.

Saat ini, pihaknya berupaya agar pelabuhan bongkar muat tidak mengganggu lalu lintas. Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan sejumlah fasilitas agar aktivitas bongkar muat menjadi lebih lancar. Ia mencontohkan, dua daerah lainnya yakni Kota Tanjungpinang ataupun Natuna yang letak pelabuhannya jauh. Namun, dipelabuhan tersebut dilengkapi sejumlah sarana dan prasarana sehingga aktivitasnya menjadi cepat.

Baca Juga :  Pekan Ini, KM Bukit Raya Bersandar di Letung

Kendati demikian, jika saat ini Anambas juga mengalami kendala lain yaitu masih minimnya gudang. Jika tersedia gudang, dipastikan bongkar muat akan lebih mudah dan berdampak menurunkan harga angkut. ”Apabila ada gudang maka harga angkut akan jauh lebih murah, dan harga barang akan menurun,” imbuhnya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here