Pemkab Bintan Belum Setujui Kenaikan Transportasi Gas

0
424
RAPAT KOORDINASI: Wabup Bintan H Dalmasri Syam memimpin rapat penyesuai biaya transportasi angkutan gas elpiji bersubsidi, kemarin. F-ISTIMEWA/humas bintan

Bintan – TIM kajian Hiswana Migas Kepri ingin menaikan biaya transportasi gas elpiji, ukuran tabung 3 kilogram. Namun saat ini, usulan itu belum disetujui Pemkab Bintan. Masih perlu dikaji.

Kenaikan biaya transportasi gas elpiji bersubsidi tabung 3 kilogram itu, disampaikan tim kajian Hiswana Migas Kepri, saat mengadakan rapat koordinasi dengan Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, Plt Sekda Adi Prihantara dan sejumlah pimpinan perangkat daerah Kabupaten Bintan, Rabu (22/2) kemarin.

Kenaikan biaya transportasi gas elpiji itu disampaikan tim kajian Hiswana Migas Kepri, berdasarkan Permen ESDM nomor 28/2008, Permen ESDM nomor 26/2009, serta Surat Mendagri Mp. 541/07/SJ tanggal 5 Januari 2015 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji tabung 3 kg. Berdasarkan aturan itu diusulkan kenaikan harga transportasi, dengan harga jual gas elpiji tabung 3 Kg dalam posisi tetap.

”Saat ini sebagian warga Bintan telah membayar harga gas elpiji 3 kilogram, dengan harga jauh di atas HET. Ini khususnya pada tempat yang bukan menjadi pangkalan resmi yang ditunjuk,” ujar seorang tim Hiswana Migas Kepri.

Pemkab Bintan menyatakan, usulan tersebut akan dipertimbangkan kembali, dan meminta agar Dinas Perhubungan untuk menghitung harga transportasi. Serta Dinas KUPP untuk menghitung kembali berkenaan dengan harganya.

Wabup Bintan H Dalmasri Syam menyatakan, agar usulan ini segera dikaji lagi. Karena, gas 3 kilogram itu keperluan pokok dasar masyarakat. Pemkab Bintan tidak ingin terjadi kelangkaan dan gejolak harga gas.

”Belum disetujui usulan ini, perlu dikaji lagi. Harga jual gas di masyarakat jangan sampai melebihi HET. Setda dan OPD terkait segera melakukan rapat internal, guna mengkaji hal ini. Dan koordinasi dengan pihak Hiswana Migas,” tegas Dalmasri Syam.

Rapat tersebut dihadiri Plt Sekda Adi Prihantara, Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Junisman, Kabag Administrasi Perekonomian Eddy Mulyanto, Kadishub Yandrisyah dan Kadiskop Usaha Mikro dan Perindag Dian Nusa.(Yusfreyendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here