Pemkab Bintan Minta Swasta Kelola Pelabuhan Berakit

0
257
Gerbang masuk pelabuhan Tanjung Berakit yang belum di fungsikan

BINTAN – Pelabuhan Internasional Tanjungberakit hingga kini belum difungsikan. Khawatir tak terurus dan rusak, Pemkab Bintan meminta ada pihak swasta yang mau mengelola.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Bintan, Yandrisyah kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (3/10) pagi.

Ia menuturkan, pelabuhan Tanjungberakit yang dibangun melalui APBN terebut, sudah siap digunakan, namun sampai saat ini belum ada operator kapal yang membuka jalur transportasi melalui pelabuhan tersebut.

“Tunggu operator, saat ini masih lobi-lobi kepihak swasta. Kami sudah minta WaveMaster Feri namun belum berikan keputusan,” ujar Yandrisyah.

Dia menyampaikan, bahwa Pemda Bintan juga memberikan kesempatan kepada pihak swasta yang berniat mengelola pelabuhan tersebut.

Misalnya, menjadi pelabuhan keberangkatan dan ketibaan para Wisman. Ini dapat dikelola pihak Lagoi untuk memudahkan penumpang ke Pulau Bintan.

“Kalau misalnya mereka mau, kita siap bangun sarana jalan baru Tanjungberakit-Lagoi, supaya tidak menghalangi akses,” tambah Yandrisyah.

Ia menuturkan, sampai saat ini, beberapa operator belum siap melayani penumpang ke pelabuhan tersebut alasan bisnis.

Menurut Yandrisyah padahal dari Pelabuhan Tanjungberakit ke Singapure mampu menempuh jarak 55 mil per jam. Meski demikian, perairan Berakit kalau musim Utara sulit dilintasi kapal.

Yandrisyah menuturkan, Pemda Bintan tengah menjajaki kerjasama dengan PT BRC, Lagoi bahkan sudah sampai tahap bertemu dengan KSOP Tanjunguban.

Hanya saja, pihak BRC masih melakukan pertimbangan, mengingat butuh 11 – 12 km jika wisatawan datang dari pelabuhan Tanjungberakit menuju Lagoi.

Terakhir, terkait perizinan lalu lintas laut dari Kemenhub RI, menurutnya sudah tidak ada persoalan. Termasuk menyangkut rambu-rambu kapal, alur yang bakal dilintasi kapal, sudah tidak ada persoalan. Semua kata dia sudah ada izin resmi yang dibuat Kemenhub RI. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here